IDWS.ID

Otomotif

Nomor 46 yang Identik dengan Valentino Rossi Resmi Dipensiunkan dari Ajang MotoGP

30 May 2022

Nomor 46 resmi dipensiunkan dari ajang MotoGP sebagai bentuk penghormatan kepada juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi. Ini berarti, tidak akan ada lagi pembalap MotoGP yang bisa menggunakan nomor 46.

IDWS, Senin, 30 Mei 2022 - Legenda balap asal Italia, Valentino Rossi, pensiun dari MotoGP di akhir musim balap 2021, tepatnya di GP Valencia, Spanyol, pada Minggu (14/11/2021).

Di sepanjang karir balapnya profesionalnya sleama 26 musim, Valentino Rossi telah mengantongi sembilan gelar juara dunia di kelas 125cc, 250cc, dan MotoGP — di mana tujuh di antaranya ia raih di kelas tertinggi MotoGP.

Sebagai bentuk penghormatan kepada sang legenda, pihak MotoGP mengumumkan pada GP Prancis dua pekan lalu bahwa #46 yang merupakan nomor yang sudah identik dengan Valentino Rossi, akan dipensiunkan dalam sebuah upacara yang digelar pada Sabtu (28/5/2022) di Sirkuit Mugello, Italia.

Upacara tersebut digelar sebelum babak kualifikasi kelas MotoGP, di mana Valentino Rossi juga hadir di sana. Rossi kemudian dianugerahi sebuah trofi spesial berbentuk angka 46 sebelum kemudian ia menyapa kerumunan penonton di tribun utama Sirkuit Mugello.

"Saya harus mengucapkan terima kasih untuk semua ini. ini laur biasa," kata Rossi dengan senyum sumringah.

Ketika ditanya apakah ia akan kembali membalap ke MotoGP, Rossi berkelakar.

"Oh, punggung dan lutut saya sakit, jadi saya menyadari saya sudah tua. Namun pertanyaan bagus, terima kasih kalian semua!" Jawab Rossi.

Meski sudah pensiun, kehadiran Valentino Rossi di MotoGP masih terasa lewat tim VR46 Ducati serta para rider lulusan akademi balap VR46. Saat ini, ada empat pembalap lulusan akademi tersebut yang berkompetisi di kelas MotoGP: Fransesco Bagnaia (Ducati), Franco Morbidelli (Yamaha), serta Luca Marini dan Marco Bezzecchi (VR46 Racing).

Menariknya, dulu Rossi pernah mengungkapkan bahwa dirinya tidak setuju apabila kelak nomor 46 dipensiunkan.

"Mengenai nomor saya, saya pikir impresi pertama saya adalah bahwa saya tidak suka apabila (nomor) 46 dipensiunkan. Saya lebih suka apabila nomor itu tetap bertahan dan jika ada rider lain yang ingin menggunakannya, boleh-boleh saja," kata Rossi pada 2016 silam.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: motorsport.com

Share    

IDWS Promo