IDWS.ID

Otomotif

Atap Tribun Sirkuit Formula E Roboh Diterpa Hujan Angin, Diduga Ada Masalah Konstruksi

29 May 2022

Atap salah satu grandstand atau tribun di sirkuti Formula E di Ancol, Jakarta Utara, roboh usah diterjang hujan deras disertai angin kencang.

IDWS, Minggu, 29 Mei 2022 - Robohnya atap tribun tersebut terjadi pada Jumat (27/5/2022) sekitar pukul 23.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Sementara itu penyebab kerobohan diduga adalah masalah pada konstruksi tiang penyangga yang kurang kuat.

Kejadian robohnya atap tribun sirkuit Formula E itu terjadi sepekan sebelum ajang balap tersebut digelar.pada 4 Juni 2022.

"Kerusakan diakibatkan tiang penyangga kurang kuat. Itu (keterangan) dari koordinator penanganan sirkuit, ya," kata Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra saat dihubungi, Sabtu (28/5/2022), dikutip dari detikcom.

"Iya, jadi mungkin tiangnya kurang kuat. Mungkin dia didesain, mungkin di negara kita cukup kuat hujannya, jadi tidak cukup kuat penyangganya," tambahnya.

 

Atap tribun sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, yang roboh pada Jumat (27/5/2022). (Foto: detikcom)

 

Polisi temui kontraktor

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, peristiwa robohnya atap tribun di sirkuit Formula E harus mendapatkan perhatian khusus. Dalam pertemuan dengan pihak kontraktor nanti, polisi bakal menekankan perihal jaminan keamanan dan keselamatan fasilitas.

"Kita akan memberikan penekanan pastinya dan saran-masukan tentunya jangan sampai ini terjadi pada hari-H. Untung terjadinya sekarang. Ternyata ada hal lain yang perlu diantisipasi selain juga sistem manajemen crowd, tapi masalah konstruksi juga. Ini kan masalah kelalaian konstruksi ya. Kalau penyelidikan lebih lanjut, ini tidak lari ke pidana ya. (Korban) nggak ada, lebih ke masalah konstruksi," helas Happy.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo