IDWS.ID

Otomotif

Ini Dia Para Pembalap yang Cetak Sejarah Naik Podium di Gelaran MotoGP Pertama Sirkuit Mandalika

20 Mar 2022

Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, mencetak sejarah sebagai pemenang ajang MotoGP pertama di Sirkuit Pertamina Mandalika dalam balapan yang digelar pada hari Minggu ini.

IDWS, Minggu, 20 Maret 2022 - Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai seri kedua dari kejuaraan dunia MotoGP 2022, digelar pada Minggu (20/3/2022) siang WITA. Derasnya hujan serta aksi pawang hujan melakukan ritual di sirkuit menjadi sorotan. Bahkan, petir sempat terekam kamera menyambar lintasan.

Selain itu insiden yang menimpa Marc Marquez di sesi pemanasan juga mewarnai balapan hari ini.

Miguel Oliveira yang memulai balapan dari urutan ketujuh tampil sangat fantastis karena sudah memimpin balapan sejak lap kelma. Pebalap asal Portugal itu naik podium MotoGP Mandalika 2022 ditemani oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Racing Ducati).

Ini adalah kemenangan keempat Miguel Oliveira sepanjang kariernya di kelas MotoGP.

Dari pantauan siaran langsung, ajang MotoGP yang dijadwalkan dimulai pada pukul 14.00 WIB, terpaksa ditunda karena hujan deras membuat beberapa titik di Sirkuit Mandalika digenangi air. Balapan akhirnya dimulai pada pukul 15.15 WIB sebagai balapan wet race.

 

Hasil Moto2 dan Moto3 Mandalika

Sebelum ajang MotoGP dimulai, kelas Moto3 dan Moto3 lebih dulu digelar. Di kelas Moto 3, pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji yang start dari posisi ketiga, tak bisa mempertahankan keunggulan dan finis di peringkat 14. Dennis Foggia sendiri keluar sebagai juara Moto3 GP Mandalika dengan torehan waktu 38 menit 51,668 detik, disusul oleh Izan guevera dan Carlos Tatay.

Sementara itu untuk ajang Moto2 dimenangkan oleh pembalap asal Thailand, Somklat Chantra dari Idemitsu Honda Team Asia, sekaligus mencetak sejarah sebagai pembalap asal Thailand pertama yang pernah memenangi suatu seri balapan. Ia unggul waktu tipis 3,2 detik dari pembalap Mooney VR46 Racing Team, Celestino Vietti di posisi kedua. Sedangkan di posisi ketiga ada pembalap Flexbox HP40 Aron Canet.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo