IDWS.ID

Otomotif

Mario Aji Cetak Sejarah, Jadi Pembalap Indonesia Pertama yang Raih Front Row di Kelas Moto3

19 Mar 2022

Kualifikasi Moto3 Sirkuit Pertamina Mandalika berlangsung dalam kondisi lintasan basah karena hujan deras. Meski begitu rider Indonesia Mario Suryo Aji berhasil menorehkan waktu yang menempatkannya di urutan start ketiga alias front row.

IDWS, Sabtu, 19 Maret 2022 - Hujan deras mengakibatkan sejumlah titik di Sirkuit Mandalika digenangi air. Akibatnya, sejumlah pembalap tergelincir seperti misalnya Elia Bartolini dari OJmotor Avintia Racing Team, yang terjatuh di Turn 5 hingga berakhir di gravel dalam sesi latihan bebas.

Untungnya pembalap tuan rumah, Mario Suryo Aji yang membela Honda Asia Team, tidak terjatuh dan berhasilkan menorehkan waktu tercepat kelima dalam sesi FP3 Moto3 yang digelar pada Sabtu (19/3/2022) ini, dengan torehan waktu 1 menit 48,959 detik, terpaut 1,087 detik dari pembalap tercepat Andrea Migno dari Rivalcod Snipers Team.

Ini adalah prestasi terbaik Mario Aji selama tampil di Sirkuit Mandalika. Sebelumnya pada FP1 dan FP2, ia bahkan tak mampu masuk ke posisi 20 besar. Pada FP1 ia hanya nangkring di peringkat 26 dengan catatan waktu 1 menit 54,223 detik, sedangkan untuk FP 2 ia berada di peringkat 23 dengan waktu 1 menit 42,336 detik. Dan Mario Aji rupanya masih belum berhenti memberi kejutan.

 

Cetak sejarah

Mario Aji kemudian cetak sejarah dalam sesi kualifikasi Moto3 Mandalika yang dimulai pada pukul 11.25 WIB tadi. Pembalap berusia 18 tahun itu menjadi pembalap asal Indonesia pertama yang berhasil memulai balapan di posisi front row di kelas Moto3, tepatnya di posisi ketiga.

Prestasi Mario Aji itu sampai mengundang apresiasi dari tim Repsol Honda dan pembalap asal Spanyol, Aleix Espargaro. Espargaro bahkan menyebut Mario Aji sebagai "Orang Indonesia tercepat!".

Perjuangan Mario Suryo Aji tak mudah. Ia harus melalui kualifikasi pertama (Q1) terlebih dahulu sebelum memastikan langkah ke Q2.  Ia berhasil menjadi empat pebalap tercepat dengan finis di urutan kedua Q1. Mario pun berhak menjadi salah satu dari 18 rider di Q2 yang bersaing memperebutkan pole position atau start terdepan saat balapan. 

Pada akhirnya, Mario pun berhasil meraih hasil terbaik dengan finis ketiga pada Q2 dan memastikan start dari baris terdepan.  Mario Aji nantinya akan ditemani oleh Carlos Tatay dan Diogo Moreira di front row. Carlos Tatay dan Diogo Moreira berurutan start dari posisi pertama dan kedua.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Tempo.co, Kompas.com

Share    

IDWS Promo