IDWS.ID

Otomotif

Sirkuit Mandalika Akhirnya Diaspal Ulang Setelah Keluhan Dari Para Pembalap

16 Feb 2022

FIM, Dorna, dan ITDC mengambil langkah cepat dalam mengatasi masalah yang terungkap di sebagian lintasan Sirkuit Mandalika.

IDWS, Rabu, 16 Februari 2022 - Seperti yang dilaporkan IDWS sebelumnya, beberapa pihak termasuk pembalap-pembalap yang telah menjajal Sirkuit Mandalika dalam ujicoba pramusim pekan lalu mengeluhkan aspal lintasan mengelupas sehingga kerikil-kerikil beterbangan mengenai pembalap lain di belakang.

Setelah komplain dari berbagai pihak mengemuka, akhirnya diambil keputusan bahwa sebagian lintasan Sirkuit Mandalika mendapat jatah resurfacing atau pengaspalan ulang sebelum ajang MotoGP Mandalika 2022 digelar.

Sebelumnya, ITDC (Indonesia Tourism Development Coporation) sebagai  pengembang Sirkuit Mandalika dan Dorna Sports selaku penyelenggara Kejuaraan Dunia MotoGP mengatakan isu utama lintasan Mandalika saat ujicoba pramusim MotoGP akhir pekan lalu adalah perihal kebersihan dan kurangnya grip lintasan. Mereka mengutarakan tak ada masalah dengan sirkuit walau beberapa rider mengeluhkan kondisi beberapa bagian lintasan yang kotor, berkerikil, dan berlumpur.

 

Sirkuit Mandalika akhirnya diaspal ulang. (Kredit: MotoGP)

Akan tetapi, FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) selaku pihak yang melakukan uji kelayakan (homologasi) Sirkuit Mandalika berkata lain. Mereka menilai bahwa sebagian lintasan perlu dibenahi sebelum menggelar MotoGP Mandalika.

Melansir laporan Kompas.com pada Rabu (16/2022), pengaspalan ulang tersebut akan dilakukan di lintasan dari sebelum Tikungan 17 hingga Tikungan 5 yang berjarak kurang lebih 1,9 kilometer atau kurang lebih 35 persen dari total panjang lintasan.

Keputusan perbaikan lintasan diumumkan lewat siaran pers pada Selasa (15/2/2022) di mana FIM memastikan bahwa pengerjaan lintasan telah berjalan dan ditargetkan selesai tujuh hari sebelum ajang MotoGP Mandalika 2022.

Dalam siaran pers tersebut, disebutkan bahwa perbaikan lintasan Sirkuit Mandalika menggunakan "teknologi terbaik di dunia" demi memastikan keselamatan para pembalap dan memenuhi standar MotoGP.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo