IDWS.ID

Otomotif

Grazie Vale! Valentino Rossi Resmi Pensiun dari MotoGP setelah Menyelesaikan Balapan Terakhirnya di GP Valencia

15 Nov 2021

Valentino Rossi akhirnya benar-benar mengucapkan selamat tinggal kepada karir balapnya pada Minggu kemarin setelah finis di peringkat ke-10 GP Valencia.

IDWS, Senin, 15 November 2021 - Sebanyak 75 ribu penonton yang hadir di Sirkuit Ricardo Tormo memberi tepuk tangan dengan gegap gempita sembari melihat Rossi melakukan ovation lap di Valencia, Spanyol, Minggu (14/11/2021) yang merupakan balapan ke-432 The Doctor sejak memulai karir balapnya pada 1996 silam.

Balapan seri terakhir untuk MotoGP musim ini itu dimenangkan oleh pebalap Ducati, Francesco Bagnala. Jorgen Marti dari tim Ducati-Pramac menempati posisi runner-up di balapan tersebut, disusul oleh Jack Miller (Ducati), mencetak sejarah untuk pertama kalinya tiga pebalap yang menunggak motor Ducati menaiki podium. Sedangkan pebalap Yamaha yang sudah memastikan gelar juara MotoGP, Fabio Quartararo, finis di urutan ke-5.

Hanya saja Valentino Rossi yang sudah berusia 42 tahun mencuri spotlight meski tidak naik ke podium juara. Apalagi mengingat bahwa Bagnala yang menjuarai GP Valencia kemarin adalah lulusan dari VR46 Academy yang didirikan Rossi. Pebalap 24 tahun itu sendiri finis di peringkat kedua klasemen MotoGP, 26 poin di belakang Quartararo.

Begitu eks pesepakbola asal Brazil, Ronaldo, mengibarkan bendera kotak-kotak hitam-putih, perhatian segera tertuju ke Rossi seiring dengan para pebalap lain bergantian menyalaminya. Kembang api juga terlihat turut menyemarakkan suasana, diiringi oleh teriakan "Vale" dari penonton.

Angka 46 yang sudah seperti trademark bagi Rossi memenuhi Sirkuit Ricardo Tormo, termasuk di helm Bagnala dan di stan penonton di mana "VR46" yang tertulis di bendera yang dibawa para penonton terkibar.

Sembilan motor yang pernah ia tunggangi dalam karirnya berada di paddock sebagai simbol akan karir gemilang II Dottore.

Meski musim ini adalah musim terburuk bagi Rossi dari segi prestasi (peringkat 18 klasemen) dalam 26 musim karirnya, tak ada isak tangis dari wajahnya, hanya senyuman khasnya yang muncul.

Terakhir kali Valentino Rossi menjadi juara MotoGP adalah pada tahun 2009 silam, sedangkan terakhir kali ia menduduki peringkat pertama di balapan adalah pada tahun 2017. Lama tidak menghasilkan prestasi tidak menyurutkan kekaguman para penggemar terhadap Rossi dan ia tetaplah seorang legenda MotoGP di mata penggemar balap motor dunia.

Rossi mengklaim gelar juara dunia pertamanya pada 1997, setahun setelah memulai debutnya di kelas 125cc. Kemudian diikuti oleh juara dunia di kelas 250cc pada 1999. Promosi ke kelas 500cc, ia langsung menduduki peringkat runner-up klasemen pada tahun 2000 sebelum kemudian menjuarainya pada 2001.

Kemudian setelah kelas 500cc mengalami pergantian format ke MotoGP, Valentino Rossi menambah jumlah gelar juara dunianya sebanyak enam kali, dengan total 7 kali juara dunia MotoGP jika satu gelar juara di format 500cc juga dihitung.

Dua gelar juara dunianya di kelas tertinggi diraih Rossi bersama Honda, sisanya bersama Yamaha.

Total dalam karirnya, Valentino Rossi membukukan 115 kemenangan dalam balapan, 89 di antaranya di kelas MotoGP. Kemudian 235 podium (199 di MotoGP) dan menjadi pebalap dengan karir terpanjang di kelas MotoGP.

Meski telah pensiun sebagai pebalap, trademark VR46 tidak akan hilang dari MotoGP karena musim depan, tim milik Rossi yang diberi nama VR46 akan melakukan debut di MotoGp sebagai tim satelit dari Ducati.

Grazie, Vale!

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: MotoGP

Share    

IDWS Promo