IDWS.ID

Otomotif

Memalukan! Seorang Karyawan Sirkuit Mandalika Buka Kargo dan Utak-atik Motor Tim Ducati Secara Ilegal

11 Nov 2021

Jelang seri ke-13 dari WorldSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tim Ducati marah besar karena kargonya dibuka secara ilegal.

IDWS, Kamis, 11 November 2021 - Jelang gelaran WorldSBK 2021 yang akan berlangsung pada 19-21 November 2021 nanti, kargo yang memuat motor para pebalap sudah tiba di sirkuit Mandalika. Akan tetapi pada Rabu (10/11/2021), pihak Ducati mengetahui bahwa kotak kargo motor tim Aruba it Racing - Ducati dibuka secara ilegal.

Pada Rabu siang kemarin, seorang koresponden dari Indonesia membocorkan sebuah rekaman CCTV serta foto-foto kepada Speedweek, di mana seorang karyawan dari organisir Sirkuit Mandalika, MGPA, membuka kotak kargo Ducati tanpa izin lalu mencoba mengutak-ngatik motor Ducati Panigale V4 R dari pebalap Michael Rinaldi. Hal itu hanya terjadi selama 20 detik sebelum karyawan berkacamata itu kemudian pergi.

 

 

Namun hal itu tetap saja tidak bisa ditoleransi. Diketahui, kargo logistik dari setiap tim peserta hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo untuk mencegah spionase serta manipulasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tak hanya dibuka, bahkan melansir pemberitaan Motorplus, motor Ducati tersebut digunakan sebagai konten oleh kanal YouTube Soul kuta lombok di mana tampak seseorang berpose dengan motor Ducati Panigale V4 R yang sama. Sayangnya video itu kini telah dihapus.

 

(Facebook)

Akibatnya, direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti marah besar dan menyebut bahwa kejadian memalukan seperti itu hanya terjadi di negara-negara berkembang pada 40 tahun yang lalu menurut laporan Speedweek.

Direktur eksekutif SBK, Gregorio Lavilla mengataka kepada Speedweek bahwa karyawan tersebut telah dipecat.

"Kami meminta maaf dengan sangat karena insiden ini di luar kendali kami. Karyawan bersangkutan sudah dipecat," tegas Lavilla.

Parahnya, tidak ada yang tahu apakah karyawan itu juga membuka kargo dari tim-tim lainnya dan kemungkinan tersebut kini tengah diselidiki.

Para pebalap dan staff tim-tim SBK sendiri baru akan datang pada Minggu pekan ini atau Senin pekan depan sebelum menjalani karantina selama dua hari.

Insiden memalukan ini tentunya menyoreng reputasi Sirkuit Mandalika dan Indonesia sebagai tuan rumah dari ajang balap motor internasional. Apalagi WorldSBK 2021 merupakan balapan pertama bagi ajang tersebut di Sirkuit Mandalika.

 

*Klarifikasi kesalahpahaman di polemik unboxing kargo Ducati di Sirkuit Mandalika: https://www.idws.id/portal/hobi/otomotif/5371/Klarifikasi--Pembukaan-Kargo-Ducati-Sah-dan-Legal--Pembuatan-Konten-di-YouTube-Adalah-Ilegal-dan-Dilakukan-Pihak-Ketiga

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Speedweek

Share    

IDWS Promo