IDWS.ID

Otomotif

Fabio Quartararo Juara Dunia Baru MotoGP, Patahkan Dominasi Spanyol dan Cetak Sejarah Baru Bagi Prancis!

25 Oct 2021

Fabro Quartararo mematahkan dominasi pebalap Spanyol di kancah MotoGP dengan menjadi juara dunia Sirkuit Emilia Romagna, Italia, hari Minggu kemarin.

IDWS, Senin, 25 Oktober 2021 - Hanya tinggal tersisa lima putaran, Pebalap Italia Francesco "Pecco" Bagnala dari Ducati memimpin balapan di mana Fabio Quartararo yang berasal dari Prancis dan mewakili Yamaha tercecer di urutan kelima dengan selisih jarak yang cukup jauh.

Bagnala yang saat itu berada di peringkat kedua klasemen MotoGP 2021 dengan 2020 poin merupakan satu-satunya pebalap yang bisa menghalangi mimpi Quartararo — yang saat itu memimpin klasemen dengan 254 poin — untuk menjadi juara dunia MotoGP. Dengan selisih 52 poin, Quartararo harus finis di depan Bagnala.

Jarak yang terpaut cukup jauh antara Quartararo dengan Bagnala membuat mimpi Quartararo sepertinya semakin menjauh, namun tiba-tiba kejadian tak terduga menimpa Bagnala. Di tikungan 15 pada lap ke-23, Bagnala tergelincir di mana motornya meluncur kencang menghantal gravel, membuat Bagnala tidak bisa melanjutkan balapan dan tidak meraih satu poin pun.

Jatuhnya Bagnaia langsung disambut suka cita para kru di paddock tim Yamaha. Suasana sebaliknya terjadi di paddock Ducati. Para kru pabrikan asal Italia itu terlihat kecewa saat melihat pebalap andalannya terjatuh.

Gagalnya Bagnaia melanjutkan balapan otomatis membuat Quartararo memastikan gelar juara dunia. Perolehan poinnya tak mungkin lagi terkejar karena musim balap 2021 tinggal tersisa dua seri. Quartararo pada akhirnya mengakhiri balapan seri Emilia Romagna dengan finish keempat. Hasil tersebut membuat pebalap berjuluk El Diablo berhasil memperlebar gap dengan Bagnaia di klasemen menjadi 65 poin.

 

Patahkan dominasi Spanyol, catatkan rekor pertama bagi Prancis

Sejarah pun mencatatkan fakta baru. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, juara dunia MotoGP jatuh ke pebalap yang bukan berasal dari Spanyol.

Setelah Casey Stoner (Australia) pada 2011, praktis tak pernah ada lagi pebalap non-Spanyol yang menguasai singasana tertinggi MotoGP hingga akhirnya Quartararo berhasil melakukannya pada tahun ini.

Tiga pebalap Spanyol menguasai gelar juara MotoGP dalam satu dekade terakhir. Jorge Lorenzo menjadi juara MotoGP pada tahun 2012 dan 2015, sementara Marc Marquez memborong 6 gelar (2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2019) da, Joan Mir (2020).

Selain mematahkan dominasi pebalap Spanyo, Fabio Quartararo juga mencatatkan sejarah baru sebagai pebalap asal Prancis pertama yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP dalam sejarah.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo