IDWS.ID

Otomotif

Dua Wanita Jadi Sorotan Netizen Karena Berfoto Ria di Jalur Penyelamat di Subang

12 Oct 2021

Dua orang wanita jadi sorotan karena melakukan selfie di jalur di jalur penyelamat di Subang, netizen mengkritik tindakan mereka yang berbahaya itu.

IDWS, Selasa, 12 Oktober 2021 - Menyimak unggahan video dari akun Instagram @streetmannersindonesia, dua wanita tampak tengah berfoto ria di jalur penyelamat. Tampak keduanya tidak sedang berada dalam keadaan darurat. Padahal jalur tersebut sengaja dibuat untuk mengatnisipasi kecelakaan yang banyak terjadi di kawasan tersebut, terutama karena rem blong mendadak sehingga kendaraan bisa masuk ke jalur penyelamat yang dipenuhi pasir itu sehingga kendaraan bisa berhenti pelan-pelan.

Jalur penyelamat di jalan turunan atau tanjakan curam berfungsi sebagai pengaman tambahan bagi pengendara. Ketika kendaraan mengalami rem blong, maka arahkan saja mobil atau motor ke jalur penyelamat yang dipenuhi pasir. Sayangnya masih ada warga yang tidak mengindahkan fungsinya dan terlalu meremehkan keadaan, seperti dua wanita dalam video di atas.

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, jalur penyelamatan harus bebas dari adanya aktivitas apapun karena dapat membahayakan baik bagi pengemudi maupun orang yang ada di jalur penyelamatan.

"Jalur penyelamatan ini spot yang dibuat untuk menangkap kendaraan yang liar akibat rem blong dan lain-lain. Jadi spot ini harus clear dari adanya aktivitas-aktivitas apapun," kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

 

Parkir motor di jalur penyelamatan adalah tindakan yang sangat berbahaya. (instagram.com/agoez_bandz4)

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan berhenti atau bahkan nongkrong di jalur penyelamatan. Menurutnya, tindakan tersebut merupakan tindakan yang mengabaikan keselamatan. Terlebih sudah ada tanda larangan berhenti dan berfoto di lokasi tersebut.

“Merasa sepi dan kosong, jadi dianggap aman. Padahal risiko bahayanya besar. Ketika area tersebut dijadikan sebagai tempat parkir, beristirahat, duduk-duduk, atau tempat foto, artinya sama saja dengan menjemput bahaya. Memang tempat kongkow itu harus berjarak dengan jalan raya. Sementara spot jalur penyelamatan jauh dari jalan raya untuk menghindari kecelakaan yang lebih besar, bukan berarti aman dari bahaya," lanjutnya.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo