IDWS.ID

Otomotif

Pembalap Legendaris Valentino Rossi Umumkan Akan Pensiun dari MotoGP Pada Akhir Musim Balap 2021

05 Aug 2021

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021.

IDWS, Kamis, 5 Agustus 2021 - Pembalap berusia 42 tahun membeberkan keputusan tersebut dalam sebuah konferensi spesial tepat sebelum GP Styria (Austria) dimulai pada Kamis (5/8/201) sore waktu setempat, di mana sebuah video spesial selebrasi akan karirnya juga diputar.

Jika keputusannya tidak berubah, maka Valentino Rossi akan meninggalkan arena balap MotoGP setelah 26 tahun lamanya berkiprah di kompetisi yang membesarkan nama pembalap asal Italia itu. Dan meski gagal menuai hasil memuaskan dalam beberapa tahun terakhir - termasuk hasil buruk di musim balap 2021 ini, Valentino Rossi akan meninggalkan MotoGP sebagai salah satu legenda dengan prestasi yang sulit disamai atau dilampaui oleh rider lain.

 

Valentino Rossi saat mengumumkan dirinya akan pensiun dari MotoGP selepas musim balap 2021 berakhir dalam sebuah konferensi pers spesial sebelum GP Styria, Kamis, 8 Agustus 2021. (Foto: MotoGP)

Di sepanjang karirnya, Valentino Rossi menjadi juara dunia di kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan enam kali di kelas MotoGP. Selain itu, ia juga merupakan pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak kedua dala msejarah MotoGp, yakni 115 kali naik ke podium sebagai juara pertama balapan. Ia hanya kalah dari sesama pembalap Italia lainnya, yakni Giacomo Agostini yang mengemas 122 kali kemenangan. Namun Rossi juga total telah 235 kali naik ke podium, rekor tertinggi dalam sejarah MotoGP. Selain itu pembalap berjulukan The Doctor ini telah 65 kali menempati pole position dan 96 kali mencatatkan waktu tercepat dalam satu lap.

Menguasai kelas bawah balapan bersama Aprilia, Valentino Rossi kemudian mendominasi kelas MotoGP bersama Honda dan Yamaha. Ia sempat mencicipi membalap bersama Ducati pada tahun 2011-2012, namun sayangnya ia menorehkan hasil buruk dengan hanya naik tiga kali ke podium bersama tim yang dikenal akan warna khas merahnya itu.

Rekor lain yang ia cetak adalah satu-satunya pembalap MotoGP yang memenangkan dua balapan berturut-turut bersama dua tim yang berbeda. Saat memenangkan balapan penutup di Valencia di tahun 2003, Rossi membela Honda sebelum di musim balap berikutnya ia secara mengejutkan pindah ke Yamaha dan memenangkan balap pembuka di Welkom, Afrika Selatan di tahun 2004.

Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir, Valentino Rossi mulai kesulitan bersaing dengan para pembalap muda yang terus berdatangan ke arena MotoGP. Dari total sembilan balapan yang telah digelar musim ini, Valentino Rossi hanya nangkring di posisi 19 dengan hanya mengemas 17 poin. Raihan terbaiknya adalah posisi ke-19 di GP Mugello.

 

Valentino Rossi saat mengumumkan dirinya akan pensiun dari MotoGP selepas musim balap 2021 berakhir dalam sebuah konferensi pers spesial sebelum GP Styria, Kamis, 8 Agustus 2021. (Foto: MotoGP)

Meski kita tidak akan lagi melihat sang legenda membalap, bukan berarti Rossi tidak akan kelihatan lagi di arena MotoGP. Pasalnya ia memiliki tim sendiri yakni Team VR46 dengan pembalapnya yang tak lain adalah saudara Rossi, Luca Marini.

Meski prestasinya menurun di tahun-tahun terakhirnya, prestasi Valentino Rossi tak bisa dibantahkan. Ia adalah ikon MotoGP yang sanggup mendobrak media di seluruh dunia hingga MotoGP jadi lebih dikenal secara lebih luas. Banyak orang-orang yang sebelumnya tidak menonton MotoGP beralih menjadi penggemar karena mengagumi sosok Valentino Rossi.

Ciao, Valentino Rossi!!

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: MotoGP

Share    

IDWS Promo