IDWS.ID

Otomotif

Motor Mogok Karena Banjir? Coba Tips Ini!

20 Jan 2015

Intensitas curah hujan belakangan ini memang tidak tentu. Kadang deras, kadang juga biasa saja. Berhubung jakarta rawan banjir, dan pengguna kendaraan bermotor khususnya motor banyak pasti butuh tips ketika berkendara di musim hujan. Bayangkan kalau kamu lagi berkendara di tengah banjir. Duh, sudah pasti kasian deh sama motor kamu. Tapi tenang, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi untuk berkendara ketika musim hujan.

Biasanya kalau kamu melintas di genangan air atau jalanan yang terendam banjir kemudian mogok itu karena saluran pengapian dari busi basah akibat terkena air. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan panik dan segera mencari tempat untuk berteduh. Kemudian cek busi motor kamu, apakah businya basah atau tidak. Bila basah keringkan busi dan ruang busi yang ada pada mesin. Caranya tempatkan kain ke lubang ruang besi tersebut dan gunakan kick starter beberapa kali untuk memberikan dorongan dari mesin agar air dapat terdorong keluar. 

Kemudian langkah selanjutnya adalah buang air dari knalpot dengan cara angkat bagian depan motor atau cari tempat yang menanjak agar air  dalam knalpot dapat keluar sempurna, setelah itu kick starter kunci kontak tetap dalam keadaan off. Jika air dalam knalpot sudah terbuang atau sudah kering buka filter udara dan keringkan.

Nah itu tadi tips simpel untuk mengatasi motor mogok karena banjir. Setelah melakukan tips diatas, ada baiknya kamu juga melakukan service di bengkel langganan kamu untuk perawatan lebih maksimal ya.

Share    

IDWS Promo