IDWS.ID

Olahraga

Jabar Juara Umum PON XX Papua 2021 dan Cetak Sejarah Baru, Gubernur Jabar Siap Kucurkan Hadiah Uang

16 Oct 2021

Kontingen Jawa Barat (Jabar) keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

IDWS, Sabtu, 16 Oktober 2021 - Jabar memimpin klasemen perolehan medali dengan total koleksi 353 medali yang terdiri dari 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu melansir laman resmi PON XX Papua 2021.

Sedangkan DKI Jakarta berada di posisikedua dengan total 301 medali yang terdiri dari 111 emas, 91 perak, dan 89 perunggu. Raihan tersebut berselisih sangat tipis dengan Jawa Timur di peringkat ketiga dengan 287 medali (110 emas, 89 perak, 88 perunggu).

Tuan rumah Papua berada di peringkat keempat dengan 261 medali (93 emas, 66 perak, 102 perunggu).

 

Sejarah baru

Kemenangan kali ini juga menjadi sejarah baru dalam pagelaran PON. Pasalnya, Jabar menjadi juara umum PON untuk kedua kalinya secara berturut-turut setelah pada PON sebelumnya di mana Jabar menjadi tuan rumah, mereka juga keluar sebagai juara.

Berdasarkan laporan pusat pemberitaan PON Papua, InfoPublik.id, ini merupakan kali pertama suatu provinsi mampu merebut posisi juara umum secara beruntun sejak era Orde Baru dan ketika PON dilakukan di luar DKI Jakarta.

 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan apresiasi kepada para atlet PON XX Papua di Jayapura, Jumat (15/10/2021).(Humas Pemprov Jabar)

 

Apresiasi Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan atlet Jabar peraih medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan mendapatkan kadeudeuh atau bonus. Bonus tersebut akan diberikan secepatnya di Gedung Sate, Kota Bandung.

"Hadiah uang kadeudeuh atau reward sudah kami siapkan secepatnya. Nanti akan kita upacarakan di Gedung Sate," kata Emil, sapaan akrabnya, dalam jumpa pers di Jayapura, Jumat (15/10/2021, seperti dikutip dari Kompas.com.

Mengenai nominal bonus, Emil menyebut saat ini sedang dihitung oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Namun, ia memastikan jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah per atlet, tergantung jenis medali yang diperoleh dan nomor kategori.

"Besarannya sedang dihitung oleh Pak Sekda, yang pasti ratusan juta baik emas, perak, perunggu. Nanti ada kategorinya yang emas tunggal seperti catur, ada juga yang emas berkelompok itu nanti berbeda, ada hitungannya," ujar Emil.

Emil juga memastikan nominal bonus akan sedikit berbeda mengingat kondisi keuangan Pemprov Jabar saat ini terdampak pandemi Covid-19. Kendati demikian, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan bonus terbaik bagi kontingen Jabar.

"Yang saya bahagia adalah kita menang tidak di tanah sendiri, tapi sekarang di tanah orang yaitu Papua. Beli tomat ke Ujung Pandang, Jawa Barat bukan jago kandang, itu pantunnya," jelasnya.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo