IDWS.ID

Olahraga

Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas Kanada di Hari Kedua Piala Sudirman 2021

28 Sep 2021

Tim Bulutangkis Indonesia menang tipis atas Kanada di hari kedua penyisihan Grup C Piala Sudirman 2021.

IDWS, Selasa, 28 September 2021 - Setelah sebelumnya menang telak 5-0 atas NFBR (Rusia) pada Minggu (26/9/2021), Indonesia harus berjuang keras meredam perlawanan Kanada untuk keluar sebagai pemenang dengan agregat 3-2 dalam laga yang digelar di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Senin (27/9/2021) kemarin.

Pahlawan bagi tim Indonesia tak lain adalah ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang meraih kemenangan terakhir Indonesia atas Kanada setelah imbang 2-2. Mereka berhasil mengungguli Bagalur Rajanna Sankeerth/Crystal Lai dengan skor 21-14 dan 21-10.

 

Pasangan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari saat melawan pasangan pebulu tangkis ganda campuran dari Taiwan, Lee Jhe-hue dan Hsu Ya Ching pada babak pertama Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020). (Tribunnews/Jeprima)

Recap pertandingan

Ganda putra

Nomor ganda putra jadi pertandingan pembuka antara Indonesia melawan Kanada, di mana Tim Merah-Putih menurunkan Fajar Alfian/M Rian Ardianto, sedangkan Kanada menurunkan Bagalur Rajanna Sankeerth/Nyl Yakura.

 

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat melawan ganda Denmark pada babak perempat final Indonesia Masters 2020, di Istora Senayan, Jumat (17/1/2020). Fajar/Rian harus bermain tiga set dengan skor 18-21 21-13 21-17 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Ganda putra Indonesia tidak terlalu kesulitan dan memegang kendali permainan mulai dari set pertama hingga akhir set kedua, sehingga menuntaskan laga lewat dua kemenangan sekaligus. Fajar/Rian menang 21-16, 21-10 dalam kurun waktu 28 menit.

Tunggal putri

Laga kedua mempertandingkan nomor tunggal putri di mana Indonesia menurunkan pemain muda berbakat yang baru berusia 16 tahun, Ester Nurumi Tri Wardoyo yang bahkan belum memiliki ranking BWF sama sekali. Ia berhadapan melawan wakil Kanada, Rachel Chan.

 

Biodata dan profil Ester Nurumi Tri Wardoyo lengkap dengan agama, umur, klub serta akun Instagram. (instagram/@badminton.ina)

Meski pada akhirnya kalah, Ester memberi perlawanan sengit kepada Rachel Chan, sehingga laga harus diakhiri dengan skema rubber game. Rachel Chen merengkuh kemenangan dengan skor akhir 24-22, 8-21, dan 18-21. Mengingat usia belia serta minimnya pengalaman Ester, tentunya hasil tersebut sudah cukup bagus. Semoga ia bisa mengambil pelajaran dari kekalahan tersebut dan nantinya berkembang menjadi pemain bulutangkis tunggal putri andalan Indonesia ke depannya!

Tunggal putra

Indonesia kembali tumbang di laga ketiga yang mempertandingkan nomor tunggal putra. Wakil Indonesia Jonathan Christie atau yang akrab disapa Jojo, harus mengakui keunggulan lawannya Brian Yang, di mana laga tersebut juga harus diselesaikan lewat skema rubber. Brian Yang unggul dengan skor 21-9, 20-22, dan 18-21.

 

Jonatan Christie dari Indonesia melakukan pukulan dalam pertandingan penyisihan grup bulu tangkis tunggal putra melawan Aram Mahmoud dari Tim Olimpiade Pengungsi selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 24 Juli 2021. (Alexander NEMENOV / AFP)

Konsistensi permainan menjadi kunci Brian Yang bisa mengalahkan Jonatan Christie di pertemuan kali ini. Laga semakin sengit kala mendekati akhir set kedua. Jojo dan Brian sama-sama ngotot tak mau menyerah dan kalah. Wakil Kanada menjadi yang terbaik dalam duel sengit set kedua ini. Brian menutup set ini dengan kemenangan 20-22 atas Jojo. Pada set ketiga, Brian Yang langsung tancap gas. Jojo yang juga tak mau kalah, nyatanya belum bisa keluar dari tekanan. Wakil Kanada menutup interval set ketiga dengan keunggulan 6-11.

Brian Yang benar-benar memperoleh momentum di set ketiga ini. Ia membuat Jojo tak berkutik dengan meninggalkan perolehan angka andalan Indonesia 17-19. Brian menutup set ketiga dengan keunggulan 18-21.

Ganda putri

Tiba giliran bagi ganda putri terbaik Indonesia untuk menyeimbangkan kedudukan. Siapa lagi jika bukan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang meraih medali emas dalam Asian Games Tokyo 2020?

 

Atlet Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) bereaksi setelah mendapat poin dari Greysia Polii Indonesia saat mereka memenangkan game pertama dalam pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021. (Pedro PARDO / AFP)

Dan keduanya kembali membuktikan kemampuan mereka dengan mencukur wakil Kanada Rachel Chan/Catherine Choi yang merupakan andalan Kanada. Greysia/Apriyani menang dalam dua game sekaligus dengan skor akhir 21-16 dan 21-10.

Dengan kemenangan tersebut, agregat antara Indonesia dengan Kanada pun menjadi seimbang 2-2, sehingga di laga berikutnya, ganda putra Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memanfaatkan momentum comeback untuk menghantarkan Indonesia menang 3-2 atas Kanada.

Indonesia akan berhadapan melawan tim kuat Denmark untuk menentukan juara Grup C Piala Sudirman 2021. Duel dua negara yang sama-sama terkenal akan prestasi bulutangkisnya itu akan digelar pada hari Kamis, 29 September 2021 pukul 14.00 WIB melansir Kompas.com.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Tribunnews.com

Share    

IDWS Promo