IDWS.ID

Olahraga

Hari Ini, Presiden Jokowi Serahkan Bonus Miliaran Kepada Para Atlet Penyumbang Medali di Olimpiade Tokyo 2020

13 Aug 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus kepada atlet bulutangkis ganda putri Indonesa Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

IDWS, Jumat, 13 Agustus 2021 - Penyerahan bonus itu tentunya berkat jasa Greysia/Apriyani dalam menyumbangkan medali emas bagi Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020. Masing-masing mendapatkan bonus uang senilai Rp 5,5 miliar, menurut laporan Kompas.com.

"Jadi untuk peraih medali emas (bonus yang diberikan) Rp 5,5 miliar," kata Jokowi saat menerima para atlet Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8/2021).

Secara khusus, Jokowi berterima kasih kepada prestasi yang diraih Greysia dan Apriyani di ajang internasional. Jokowi mengatakan, Greysia dan Apriyani berhasil melanjutkan tradisi medali emas Indonesia di olimpiade dari cabang bulu tangkis.

"Sekali lagi selamat kepada para juara, medali emas yang diraih oleh ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu," ujarnya.

Selain ke Greysia dan Apriyani, bonus juga diberikan untuk para atlet lainnya. Uang senilai Rp 2,5 miliar diberikan ke Eko Yuli Irawan, peraih medali perak cabang olahraga angkat besi kelas 61 kilogram.

 

Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo menerima para atlet Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8/2021). (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)

Sementara itu, tiga atlet peraih medali perunggu mendapatkan bonus senilai Rp 1,5 miliar. Ketiganya yakni Anthony Sinisuka Ginting dari tunggal putra bulu tangkis, Windy Cantika Aisah dari cabang angkat besi putri kelas 41 kilogram, dan Rahmat Erwin Abdullah dari angkat besi putra kelas 73 kilogram.

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih, kemudian juga para atlet nonperaih medali juga diberikan. Iya cukup gede, tapi enggak usah saya sebut," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi berharap prestasi yang diraih para atlet dapat dijadikan teladan serta motivasi bagi masyarakat untuk mengharumkan nama negara lewat olahraga.

"Kita semuanya agar terus bekerja keras, terus berprestasi, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," kata Presiden.

Greysia/Apriyani meraih medali emas setelah mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dari China pada partai final cabang olahraga bulutangkis kategori ganda putri pada 2 Agustus 2021 lalu di Musashino Forest Sport Plaza, Jepang. Greysia/Apriyani langsung menang dua gim dengan skor 21-19, 21-15 dalam waktu 55 menit.

Kemenangan itu sekaligus mengcetak rekor baru bagi dunia bulutangkis Indonesia karena Greysia/Apriyani adalah ganda putri pertama yang berhasil meraih emas dalam suatu gelaran Olimpiade. Selain itu keduanya juga menuntaskan dahaga akan medali emas di cabor bulutangkis yang terakhir kali disumbangkan oleh Taufik Hidayat di kategori tunggal putra pada Olimpiade Athena 2004 silam.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo