IDWS.ID

Olahraga

Duel Catur WGM Irene Sukandar Melawan Ghotham Chess Berakhir Imbang 2-2

01 Apr 2021

Duel antara Women Grandmaster (WGM) Irene Sukandar melawan International Master (IM) Gotham Chess pada Rabu malam kemarin berakhir imbang 2-2.

IDWS, Kamis, 1 April 2021 - Disiarkan di akun Twitch kedua pecatur itu, Rabu (31/3/2021) malam, Irene dan GothamChess bermain catur 960 atau catur acak di situs permainan catur online, Chess.com. Varian catur yang diperkenalkan grandmaster Bobby Fischer (Fischer Random Chess) itu berbeda dari catur biasa.

Dalam catur 960, buah catur ditaruh acak. Posisi Raja, Menteri, Gajah, Kuda, dan benteng akan ditaruh acak, sementara pion tetap berbaris di depan.

Duel Irene vs GothamChess dalam catur 960 berlangsung cepat, dengan masing-masing diberi waktu 3 menit setiap jalan. Selama empat babak, keduanya sama-sama kesulitan.

 

Duel catur blitz battle 960 antara Irene Sukandar melawan Levy Rozman. (Twitch/Irenesukandar)

GothamChess sempat unggul lebih dulu di ronde pertama, lantaran Irene kehabisan waktu. Kemudian Irene membalas di babak kedua, juga karena GothamChess yang gantian kehabisan waktu.

Pecatur Amerika Serikat itu kemudian unggul lagi di babak ketiga, lagi-lagi karena Irene kehabisan waktu. Dan kemudian Irene bisa menutup laga dengan kemenangan, karena GothamChess juga kehabisan waktu. Irene vs GothamChess berakhir remis 2-2. Duel Irene vs GothamChess berlangsung santai. Keduanya asik mengobrol setelahnya membahas permainan masing-masing.

Nama Levy Rozman alias GothamChess menarik perhatian masyarakat Indonesia, setelah terlibat kontroversi dengan Dadang Subur dalam aplikasi permainan catur, Chess.com

Akun Dewa Kipas yang disebut dijalankan Dadang Suburterkena banned setelah mengalahkan International Master (IM) Levy Rozman atau Gotham Chess.

Kontroversi itu berujung pada tantangan para pecatur profesional di Indonesia kepada Dewa Kipas, yang menurut pengakuan Ali Akbar, dijalankan oleh ayahnya, Dadang Subur. Setelah liku-liku bak sinetron, akhirnya laga persahabatan antara Dadang Subur dengan WGM Irene Sukandar terwujud di kanal YouTube Deddy Corbuzier, yang dimenangkan oleh Irene Sukandar dengan skor 3-0. Laga itu sendiri, menurut FIDE (Organisasi induk catur dunia), disaksikan secara langsung oleh lebih dari 1,25 juta penonton.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo