IDWS.ID

Olahraga

Kronologi Terwujudnya Pertandingan Persahabatan Dewa Kipas vs. Grandmaster Wanita Irene Sukandar

20 Mar 2021

Setelah melewati berbagai drama dan kontroversi, akhirnya duel antara Dewa Kipas dengan pecatur Indonesia bergelar Grandmaster jadi digelar.

IDWS, Sabtu, 20 Maret 2021 - Berawal dari sebuah postingan Facebook dari Ali Akbar yang tak terima akun Dewa Kipas milik ayahnya, Dadang Subur, terkena banned permanen di Chess.com setelah mengalahkan Gotham Chess (IM Levy Rozman), nama Dewa Kipas kini tiba-tiba dikenal di seantero Nusantara hingga para pecatur Grandmaster Tanah Air penasaran dan ingin menantangnya.

Hal itu terungkap dari pengakuan Irene Sukandar, Woman Grandmaster (WGM) asal Indonesia saat mengikuti podcast dari Deddy Corbuzier di kanal YouTubenya. Setidaknya, sudah dua tantangan yang ditolak oleh Dadang Subur. Irene Sukandar juga menegaskan mau bertanding apabila Dadang Subur memang bersedia dalam podcast itu.

 

 

Kemudian Deddy Corbuzier, lewat tim yang mendukungnya, rupanya berhasil membujuk Dadang Subur untuk membuktikan kemampuannya dalam pertandingan persahabatan melawan pecatur profesional dari Indonesia. Di sini terjadi hal yang menarik, karena menurut pengakuan Deddy Corbuzier lewat unggahannya di Twitter pada 18 Maret 2021, ia menyatakan bahwa Irene Sukandar menolak bertanding meski Dadang Subur sudah bersedia.

Update... #DEWAKIPAS sudah setuju tanding dengan GM Irene Sukandar di Podcast saya.. Tapi saat ini ternyata Irene nya menolak krn masalah etika dll..
Jadi udah ya.. Gue udah maksimal nih.. Org nya udah mau.... Satu nya mundur. — Corbuzier (@corbuzier) March 18, 2021

Penolakan dari Irene Sukandar itu tentu mengundang tanya dari pihak Deddy Corbuzier dan netizen Indonesia, karena seperti yang sudah dibahas tadi, Irene Sukandar dalam podcast Deddy Corbuzier yang juga menghadirkan IM (International Master) Levy Rozman alias Gotham Chess, Irene mengaku mau menerima tantangan apabila Dadang Subur bertanding catur dengannya.

Kemudian pada 20 Maret 2021, Deddy Corbuzier lewat kanal YouTubenya memberi klarifikasi terkait penolakan Irene Sukandar tersebut.

 

 

Pada intinya, yang ditanyai oleh pihak Deddy Corbuzier mengenai kesediaan Irene Sukandar bertanding melawan Dadang Subur adalah manajemen dari Irene Sukandar, bukan sang WGM sendiri. Berdasarkan pengakuan Deddy, pihak manajemen Irene Sukandar menolak ajakan pertandingan persahabatan melawan Dadang Subur itu dengan alasan Irene tengah sibuk latihan untuk persiapan SEA Games.

Karena penolakan datang dari pihak manajemen yang bersangkutan, wajar saja apabila Deddy Corbuzier mengira bahwa pihak manajemen memang mewakili Irene untuk menolak ajakan tanding itu.

Akan tetapi kemudian Irene Sukandar secara langsung menghubungi anggota tim Deddy untuk mengklarifikasi dan mengatakan bahwa ia bersedia melakukan pertandingan persahabatan melawan Dadang Subur, dan bahwa penolakan dari pihak manajemennya tidak mewakili dirinya. Meski begitu Irene mengaku memang ia tetap harus mendapat izin dari Percasi, Kemenpora, dan lain-lain.

Hingga akhirnya Deddy Corbuzier menyatakan bahwa pertandingan persahabatan antara Dadang Subur (Dewa Kipas) melawan WGM Irene Sukandar jadi dilaksanakan pada Senin (22 Maret 2021) pekan depan pukul 15.00 WIB dan disiarkan secara langsung di podcast Deddy Corbuzier.

 

(Facebook/Deddy Corbuzier)

Meski begitu Deddy juga menegaskan bahwa ia dan timnya akan berusaha semaksimal mungkin akan laga yang sudah dinanti-nanti oleh masyarakat dan netizen Indonesia itu agar disiarkan secara langsung, namun jika ada hal di luar kendalinya yang membuat rencana itu batal, ia juga tidak bisa apa-apa. Yang pasti ia berjanji berusaha semaksimal mungkin mewujudkan pertandingan persahabatan itu.

Nah, siapakah yang kalian jagokan untuk menang, apakah Dadang "Dewa Kipas" Subur atau WGM Irene Sukandar?

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo