IDWS.ID

Books

Grup Investor NFT Dituding Hendak Bakar Buku Langka 'Dune' Untuk Meningkatkan Harga Versi NFT Buku Itu

19 Jan 2022

Sebuah grup yang terdiri dari para investor Kripto, Spice DAO, dikabarkan hendak menggunakan cara tak terpuji untuk menaikkan harga NFT yang hendak mereka ciptakan.

IDWS, Rabu, 19 Januari 2022 - Spice DAO baru-baru ini mengumumkan telah memenangkan lelang dari adaptasi novel sci-fi langa dari "Dune" seharga 2,66 juta euro atau sekitar 43,38 miliar rupiah. Rencananya, mereka hendak mengonversi setiap lembar dari buku novel itu menjadi aset non-fungible token (NFT) dan serta mengadaptasinya menjadi serial animasi.

Tujuan dari Spice DAO disebut adalah untuk mempertahankan aset-aset berharga dari tangan kolektor pribadi lewat dana crowdfunding para investor kripto yang tergabung di dalam organisasi tersebut.

Sekilas, tujuan mereka terlihat mulia. Hanya saja rupanya keserakahan sepertinya adalah latar belakang aktivitas mereka. Ada dua hal yang mengernyitkan dahi orang-orang dari langkah yang hendak dilakukan Spice DAO terhadap buku Dune itu.

Yang pertama, Spice DAO tidak berhak mengadaptasi novel Dune langka tersebut menjadi serial animasi maupun adaptasi apa pun karena yang mereka beli hanyalah satu kopi buku novel adaptasi dari film Dune karya sutradra Alejandro Jodorowsky itu, bukan hak ciptanya maupun izin untuk mengadaptasi ke media lain.

Yang kedua. menurut laporan iflscience.com, di forumnya para anggota Spice DAO mendiskusikan ide untuk membakar buku Dune yang mereka beli setelah membuat aset NFT berformat JPEG dari buku itu. Tujuannya? Untuk mendongkrak harga jual NFT itu sendiri karena itu berarti jumlah aset orisinil dari buku itu menjadi semakin sedikit. Menurut laporan The Next Web, di hanya ada kurang dari 20 buku adaptasi film Dune tersebut.

Pada akhirnya Spice DAO mengatakan kepada Gizmodo (dilansir dari Interesting Engineering) bahwa mereka paham bahwa pihaknya tidak membeli hak cipta atas buku novel Dune tersebut. Serial animasi yang akan mereka buat adalah spin-off dari novel tersebut dengan cerita yang nantinya akan dibuat oleh tim kreatif yang sudah mereka susun, sekaligus menjadikan film itu sebagai film pertama yang didanai dengan NFT.

Sedangkan mengenai keinginan untuk membakar buku Dune tersebut untuk mendongkrak harga NFT-nya, Spice DAO belum memberi komentar sejauh ini.

 

(Stefanus/IDWS)


Gambar fitur: Twitter Spice DAO

Share    

IDWS Promo