IDWS.ID

Unik

Pengemis Ini Raup Rp 18 juta per Bulan, Sampai Bisa Bangun Rumah dan Beli Sepeda Motor

11 May 2021

Seorang pengemis berinisial T asal Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, meraup uang belasan juta rupiah dalam satu bulan.

IDWS, Selasa, 11 Mei 2021 - Bahkan, T bisa membangun rumah dan membeli sepeda motor dari hasil mengemis. Kesehariannya, T biasanya mengemis di depan Pom Bensin, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Batu, Jawa Timur. Dia adalah seorang penyandang disabilitas yang sehari-hari menggunakan kakinya untuk beraktivitas, termasuk untuk makan dan minum. Menurut T, penghasilan yang dia peroleh dari mengemis cukup besar.

"Kota Batu adalah lahan basah untuk meminta-minta,” kata T, seperti dilansir Kompas.com dari Tribun Jatim, Minggu (9/5/2021).

"Saya sudah lima tahun di Kota Batu. Saya mangkal di Karangploso dulu, tapi penghasilannya sedikit, jadi pindah ke Kota Batu,” katanya, Minggu (9/5/2021).

 

Pengemis T di Kota Batu yang meraup pendapatan rata-rata Rp 600 ribu per hari, Minggu (9/5/2021) (Tribun Jatim/Benny Indo)

Penghasilan T rata-rata dalam sehari ialah Rp 600.000. Jika sebulan tak berhenti mengemis, dia bisa meraup Rp 18 juta. Pengeluaran bulanannya antara lain membayar indekos Rp 500.000. Hal itu yang membuat T mampu membangun rumah di kampung halamannya. Dia juga membeli sepeda motor yang dioperasikan temannya untuk mengantar dan menjemput T setiap hari.

Seorang warga sekitar yang enggan disebutkan namanya membenarkan kisah tentang T. T setiap hari dijemput seseorang untuk berangkat pada sore dan pulang pada malam hari. Motor yang digunakan untuk menjemput adalah Honda Beat dan kini berganti menjadi Honda Vario terbaru.

“Kadang-kadang pulang pukul 18.30 WIB. Kalau bulan Ramadhan pulangnya agak malam sedikit, pukul 20.00 WIB,” paparnya.

Dia pun mengaku pernah melihat T dan kawannya menghitung uang hasil mengemis.

“Sering mendapat sejuta, Rp 400.000. Paling sedikit Rp 300.000, yang paling sering Rp 600 per hari. Apalagi kalau ada orang Tionghoa, sekali ngasih bisa sampai Rp 300.000," ujarnya.

 

Artikel Asli

Share    

IDWS Promo