IDWS.ID

Unik

Anggota Mafia yang Jadi Buron Tertangkap Karena Mengunggah Video Memasak di YouTube

01 Apr 2021

Jika kamu seorang kriminal yang jadi buron polisi, ada baiknya kamu berhenti mengejar mimpimu menjadi YouTuber.

IDWS, Kamis, 1 April 2021 - Itulah pelajaran yang diperoleh Marc Feren Claude Biart, seorang anggota mafia Italia sekaligus buronan polisi. Biart, yang berusia 53 tahun, dilacak oleh kepolisian Italia setelah mengunggah video memasak di YouTube yang dibuat di rumahnya di Republik Dominikan, menurut laporan BBC.

Biart sebenarnya sudah berusaha menyembunyikan wajahnya di setiap video yang ia unggah ke YouTube, namun agaknya ia lupa menyembunyikan tato khas di tubuhnya. Tidak jelas apakah kanal YouTubenya masih bisa diakses atau tidak, sedangkan The Washington Post menuturkan bahwa Biart dan istrinya seringkali mengunggah video-video tutorial memasak di YouTube, dan di salah satu video itu, tato khas Biart terlihat dan membuat kepolisian Italia berhasil mengidentifikasi dan melacaknya.

Kepolisian Italia dalam pernyataannya pada Senin (29/3/2021) menyatakan bahwa Biart selama ini hidup tenang di Republik Dominikan dan bahkan dianggap sebagai bagian dari "komunitas ekspatriat" di sana.

 

Marc Feren Claude Biart, buronan Kepolisian Italia dan Interpol yang berhasil dilacak karena unggahan video memasaknya di YouTube. (Twitter/@INTERPOL_HQ)

Melansir The Guardian, Biar yang disebut merupakan anggota dari salah satu mafia terbesar di Italia, Ndrangheta, ditangkap pada Rabu (24/3/2021) oleh Interpol, yang kemudian mengunggah kasus penangkapan Biart ke Twitter.

Biart telah jadi buron sejak 2014 karena tuduhan penyelundupan kokain ke Belanda bagi klan Cacciola yang merupakan bagian dari Ndrangheta.

Ndrangheta disebut-sebut sebagai salah satu organisasi kriminal terkuat di dunia dan mengendalikan mayoritas penyelundupan kokain di Eropa. Kelompok mafia ini berbasis di Calabria, Italia.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo