IDWS.ID

Unik

Pria Asli Jember Cicipi Selai Vegemite dari Australia, 'Rasanya Seperti Minyak Sepeda'

16 Nov 2020

Pernikahan beda kewarganegaraan memang banyak tantangan, apalagi kalau bukan perbedaan kebudayaan, termasuk makanan pastinya.

IDWS, Senin, 16 November 2020 - Jangankan beda negara. Sejauh yang penulis tahu, selera orang Jawa Timur dengan Jawa Tengah perihal makanan saja tidak sama. Nah lho, terus seperti apa yang beda negara? Pria asal Jember ini mungkin bisa memberi testimoni yang walau tentunya tidak mewakili semua, tapi bisa memberi gambaran akan perbedaan budaya terutama soal urusan lidah.

Pria asli Tanggul, Jember, yang bernama Santos ini menikah dengan bule asal Australia bernama Christine Dan. Dilansir dari laporan detikcom, pasangan beda negara ini sekarang tinggal di Adelaide, Australia Selatan. Uniknya, di saat perbedaan seringkali jadi hambatan bagi sepasang kekasih dalam menjaga hubungan, pasangan Santos dan Christine justru menjadikannya sebagai challange atau tantangan untuk seru-seruan.

 

Momen ketika Santos pria asli Jember mencoba selai Vegemite khas Australia. (Tangkapan layar via YouTube/Wong Jowo Neng Australia)

Kisah memahami dan beradaptasi akan perbedaan budaya dan lain-lain dengan pasangan ini mereka bagikan lewat kanal YouTube keduanya, Wong Jowo Neng Australia. Di salah satu videonya, Santos dan Christine saling bertukar makanan khas masing-masing negara (atau daerah mungkin ya, secara Indonesia kan banyak sekali jenis masakannya).

Santos ditantang makan roti dengan olesan selai vegemite asli Australia, sementara Christine makan nasi dengan lauk tempe, tahu, terong dan sambal khas Indonesia. Keduanya punya ekspresi unik saat mencoba makanan yang bukan dari kampung halamannya.

"Di video kali ini Christine akan makan nasi, sambal, timun, tempe, tahu, terong dan kecap. Saya akan makan roti dengan vegemite, ini asli Australia ya, nggak dibuat di negara lain," kata Santos membuka video.

Sebelum mulai makan, Christine lebih dulu meracik roti dengan vegemite. Ia mengoleskan mentega, vegemite dan memberi keju lembaran. Roti ini yang akan jadi santapan Santos.

 

Santos dan Christine saling mencoba menu makanan khas dari negara masing-masing. (Tangkapan layar via YouTube/Wong Jowo Neng Australia)

Saat waktu makan, Christine terlihat sangat lahap menikmati nasi dengan aneka lauk dan sambal ala Indonesia. Sementara sang suami harus berjuang mengunyah dan menelan roti beroles selai vegemite.

"Sebenernya dari dulu sudah kepikiran mau nyoba tapi temen-temen bilang rasanya nggak enak, makanya saya belum coba," kata Santos.

Santos terlihat menampilkan ekspresi tak suka. Ia makan dengan sangat pelan sambil menerka-nerka rasa roti dengan olesan vegemite.

"Rasanya ini mengingatkan saya pada minyak kental yang biasa buat sepeda. Di Jember ada namanya stempet, itu seperti bahan buat sepeda onthel," kata Santos.

Santos menyantap sepotong roti dengan susah payah, hingga pada akhirnya ia menyerah karena tak tahan ingin muntah. Ayah satu anak ini juga hampir berlinang air mata karena rasa makanan yang disantapnya tak sesuai selera.

 

Vegemite, selai khas Australia. (Foto: Getty Images)

Vegemite sendiri adalah selai khas Australia yang terbuat dari ekstrak ragi bir yang ditambah sayur-sayuran dan rempah. Warnanya hitam, kental dengan aroma sangat tajam. Bagi yang tak biasa menyantapnya pasti akan menganggap selai ini punya rasa aneh.

Ribuan netizen pun ramai mengomentari video ini. Banyak yang penasaran dengan rasa vegemite, namun ada juga yang ogak mencobanya.

Lucu juga ya interaksi suami-istri beda negara ini. Pertanyaan Indowebster hanya satu (dan yang mungkin juga ditanyakan netizen), mas Santos memang pernah nyicipi stempet?

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo