IDWS.ID

Unik

Nickelodeon Akui Spongebob Termasuk Kaum LGBTQ+?

16 Jun 2020

Jaringan Televisi Nickelodeon baru-baru ini memberi konfirmasi "tidak langsung" bahwa tokoh kartun populer Spongebob Squarepants adalah anggota dari komunitas LGBTQ+

IDWS, Selasa, 16 Juni 2020 - Konfirmasi tersebut disampaikan lewat akun Twitter resmi Nickelodeon pada Sabtu (13/6/2020).

"Merayakan #Pride dengan komunitas LGBTQ+ bulan ini dan para pendukungnya untuk bulan ini dan setiap bulannya," tulis Nickelodeon dalam unggahan yang dilengkapi foto Spongebob (dengan modifikasi warna pelangi) bersama Michael Cohen (aktor transgender asal Kanada) dan karakter biseksual Korra (The Legend of Korra).

 

(Twitter/@Nickelodeon)

Tak lama berselang, kalimat "Spongebob gay" langsung jadi trending topic di Twitter. Meski begitu patut digaris bawahi bahwa Nickelodeon tidak secara langsung atau terang-terangan menyebut bahwa Spongebob atau rekannya Patrick merupakan bagian dari komunitas LGBTQ+.

Hal itu bisa jadi karena mempertimbangkan mendiang pencipta Spongebob, Stephen Hillenburg yang meninggal pada 2018 silam. Pada 2005, Hillenburg mengatakan kepada Reuters bahwa karakter kartun populer ciptaannya itu aseksual (tidak diasosiasikan dengan gender) meski banyak penggemar berasumsi bahwa Spongebob dan Patrick Star adalah gay.

 

(Nickelodeon)

"Kami tidak pernah bermaksud membuat mereka (Spongebob dan Patrick) menjadi gay," kata Hillenburg. "Saya menganggap mereka hampir aseksual. Kami hanya mencoba menjadi lucu dan orientasi seksual mereka tidak ada hubungannya dengan pertunjukan," tambahnya.

Karena memicu perdebatan mengenai orientasi seksual Spongebob, Nickelodeon pun mematikan fitur komentar dalam postingan Twitter mereka tersebut.

SpongeBob Squarepants tayang perdana pada 1 Mei 1999. Pertunjukan ini berlangsung selama 12 musim. Serial animasi populer ini telah memenangkan 4 penghargaan Emmy dan menghasilkan 2 film layar lebar dan akan segera menyambut film ketiganya yang sejatinya akan diluncurkan pada Mei lalu namun ditunda karena pandemi COVID-19.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Twitter/@Nickelodeon, People.com

Share    

IDWS Promo