IDWS.ID

Unik

Traktor Ini Pecahkan Rekor Guinness Book of World Records Sebagai Traktor Tercepat di Dunia

24 Nov 2019

IDWS, Minggu, 24 November 2019 - Disebut Fastrac Two, traktor kecil namun lain daripada yang lain ini mampu mencapai kecepatan hingga 241,4 kilometer per jam (km/jam).

Traktor ajaib itu dibuat oleh J.C. Bamford Excavators Ltd. (JCB). Sebelumnya, traktor Fastrac One mereka telah lebih dulu memecahkan rekor yang sama dengan kecepatan 167 km/jam.

 

 

Kini mereka kembali dengan versi traktor kebut yang lebih digdaya dan sekali lagi memasuki Guinness Book of World Records sebagai traktor tercepat di dunia. Saat diujicoba, Fastrac Two mampu mencapai kecepatan maksimal 241,4 km/jam dengan kecepaan rata-rata mencapai 217,6 km/jam.

Traktor Fastrac Two dikendarai oleh seorang pembalap motobike sekaligus pengemudi truk, Guy Martin.

 

 

Menurut Pemimpin JCB, Lord Bamford, perusahaannya sebelumnya telah mencapai kecepatan 166,7 km/jam lewat traktor cepat pertamanya, Fastrac. Mereka merasa mampu melebihi catatan tersebut sehingga muncullah keinginan untuk menciptakan rekor dunia traktor tercepat. Ia juga memuji tim insinyurnya yang masih muda namun penuh antusias.

 

 

Fastrac Two mempertahankan prinsip-prinsip esain yang sama dengan pendahulunya, Fastrac One namun dengan beberapa perubahan signifikan untuk menambah kecepatannya. Salah satunya, kap mesin Fastrac Two dibuat dari aluminium, alih-alih dari baja.

 

 

Desain badan Fastrac Two juga dibuat lebih ramping untuk mengurangi gesekan udara mencapai 10 persen dibandingkan pendahulunya. Perubahan ini membuat JCB harus mengembangkan cab air deflector baru, penutup belakang baru, serta mendesain ulang tutup radiator, panel samping, bumper depan, hingga atap.

Mesin 7,2 liter 6 silinder JCB Dieselmax-nya juga ditambahi turbocharger baru dengan desain knalpot baru. Beberapa peningkatan juga dilakukan agar mesin dapat mencapai puncak output hingga 1.016 tenaga kuda pada 3.150 rpm, dan tenaga putaran lebih dari 2.500 Nm.

 

 

Hebatnya, Fastrac Two hanya membutuhkan 20 liter bahan bakar saja untuk beroperasi. Selain itu, sistem pengereman hidroliknya juga dilengkapi dengan cakram kustom, namun masih menggunakan kaliber yang sama dengan traktor standar. JCB juga menambahkan parasut pada bagian belakang traktor untuk jaga-jaga. Untungnya sang pengendara Guy Martin tidak perlu menggunakan parasut ini untuk mengerem saat ujicoba Guinness.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Interesting Engineering

Seluruh Foto: J.C. Bamford Excavators Ltd. (JCB)

Share    

IDWS Promo