IDWS.ID

Music

Awal Mula Peterpan, Ariel Rupanya Sempat Mencicipi Posisi Bassist

09 Mar 2021

Nama Peterpan tentu tidak asing di telinga penikmat lagu-lagu pop Indonesia. Namun tidak banyak yang tahu awal mula serta cerita-cerita di masa-masa awal dari band yang kemudian berubah nama menjadi NOAH itu.

IDWS, Selasa, 9 Maret 2021 - Kali ini, pentolan mereka yang tak lain adalah Nazril Ilham atau yang lebih dikenal sebagai Ariel NOAH berbagi momen-momennya bersama Peterpan di masa awal karir mereka. Ariel mengaku bahwa terbentuknya Peterpan dulu rupanya secara tidak sengaja.

Dilansir dari Kompas.com pada Selasa (9/3/2021), ayah satu anak ini menceritakan, ia kali pertama bermain musik sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) bersama teman-temannya.

Belum band tetap dan selalu bergantian, posisinya pada saat itu bukan vokalis, melainkan sebagai bassist. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan sesekali dia sebagai vokalis bandnya pada saat itu.

"Sama Qibil Changcuters, sama si Erik, gue main bass, si Uki tetap main gitar, Qibil vokalis, gue main bass," ungkap Ariel.

"Habis itu bantuin Lukman, gue ketemu Lukman di warung waktu pas SMA. Dia bukan teman SMA, anak nongkrong di situ. Diajakin Lukman nyanyi juga," kata Ariel melanjutkan.

Ariel pada saat itu menganggap banyak potensi untuk membentuk satu band yang utuh. Singkat cerita, ketika ia sedang menganggur satu tahun setelah tidak diterima UMPTN, Ariel mendapat tawaran dari Andika (Peterpan) untuk membentuk band.

"Diajakin sama si Andhika, 'bantuin dong, ini bikin band, ada manajer yang bisa masukin ke cafe-cafe. Vokalis belum ada tapi', tapikan gue mau bikin band sendiri," ucapnya. "Karena yang ditawari itu yang gue kenal cuma dia doang. Terus ya sudah, daripada enggak ada kerjaan, jadi bantuin," lanjut Ariel.

Setelah berjalan beberapa saat, Ariel merasa ada kekurangan pada bandnya sehingga mengubah formasi.

 

Nazriel Ilham alias Ariel Noah mengenang momen-momen awalnya bersama Peterpan. (Youtube/David Bayu Tube)

"Di situ gue mulai kayak, 'ah, gue lihat pemain gitarnya kurang, ganti sama Lukman aja mau enggak?'. Jadi satu ganti Lukman, habis itu gitar satu lagi ganti Uki. Jadi pelan-pelan, yang dibawa sama Andika itu Indra, pemain bass," kata Ariel.

Beberapa bulan berjalan, lanjut Ariel, mereka bertemu dengan Reza, yang posisinya pemain drum semua band di cafe tersebut. Belum masuk ke label musik, Ariel mengatakan, dia bersama teman-temannya lebih dulu membuat beberapa lagu.

Pada akhirnya Ariel memegang posisi vokal, dan kemudian dengan nama Peterpan, mereka mencoba mengadu nasib di industri musik Indonesia. Dan selanjutnya adalah sejarah.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo