IDWS.ID

Movies

Robbie Coltrane Pemeran Hagrid Dalam Film Harry Potter Meninggal Dunia di Usia 72 Tahun

15 Oct 2022

Aktor asal Skotlandia, Robbie Coltrane, yang paling dikenal dengan perannya sebagai Rubens Hagrid dalam serial Harry Potter, meninggal dunia pada Jumat (14/10/2022) di usia 72 tahun.

IDWS, Sabtu, 15 Oktober 2022 - Agen Coltrane, Belinda Wright, mengumumkan berita duka akan kepergian Coltrane, namun tidak menyebut penyebabnya.

Lahir dengan nama Anthony Robert McMillan di sebuah kota kecil dekat Glasgow, ia mengadopsi nama pemain saxophone jazz John Coltrane sebagai nama panggungnya.

Robbie Coltrane pertama dikenal lewat serial 90an "Cracker" yang mengantarkannya meraih British Academy Television Awards tiga kali berturut-turut.

Yang membuat nama Robbie Coltrane melambung di dunia hiburan internasional tentunya adalah perannya sebagai Rubens Hagrid — sahabat sekaligus mentor Harry Potter — dalam delapan film layar lebar Harry Potter di mana Coltrane merasa bangga bahwa serial Harry Potter akan bertahan lama sehingga generasi anaknya dapat memperlihatkan serial film Harry Potter ke keturunan mereka kelak.

 

Robbie Coltrane pemeran Hagrid dalam serial film Harry Potter meninggal dunia. (REUTERS/David Manning and Warner Bros)

Danielo Radcliffe, pemeran karakter Harry Potter, mengaku beruntung bisa bertemu dan berkenalan dengan Robbie Coltrane dalam ucapan belasungkawanya atas kepergian pemeran Hagrid itu.

"Robbie (Coltrane) adalah salah satu orang terlucu yang pernah saya temui dan ia sering membuat kami tertawa saat masih kecil di tempat syuting. Saya terutama sangat sayang akan memori di mana Robbie selalu menyemangati kami dalam 'Prisoner of Azkaban' di mana kami semua berteduh dari hujan hangi selama berjam-jam di gubuk Hagrid dan Robbie menceritakan berbagai cerita dan lelucon untuk menjaga semangat kami," tulis Daniel Radcliffe di akun Instagramnya pada hari Sabtu (15/10/2022) ini.

"Saya merasa sangat beruntung bisa bertemu dan bekerja bersamanya, dan sangat sedih bahwa ia telah pergi. Ia adalah aktor yang luar biasa dan pria yang menyenangkan," lanjutnya.

Aktris pemeran Hermione Granger, Emmat Watson, juga turut mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Robbie lewat Instagram Sotry. Menurutnya, Robbie adalah "paman" paling menyenangkan yang pernah ia miliki sekaligus pemeran Hagrid terbaik.

 

(Instagram @emmawatson)

"Robbie seperti paman paling menyenangkan yang pernah saya punya, namun yang jelas ia sangat peduli dan mengerti saya ketika masih kecil hingga dewasa. Talentannya sangat dalam sehingga wajar ia memerankan seorang raksasa — ia bisa mengisi berbagai ruang dengan kebrilianannya. Robbie, jika saya bisa menjadi baik hati seperti dirimu di tempat syuting dulu, saya berjanji saya akan menjadi orang baik dalam namamu dan kenangan tentangmu. Ketahuilah betapa saya sangat mengagumi dan menyayangimu. Saya akan rindu padamu, kebaikanmu, nama-nama panggilanmu, kehangatanmu, tawamu, dan pelukanmu. Kamu membuat kita menjadi keluarga. Ketahuilah, engkau sebegitu berharga bagi kami.

Tidak ada Hagrid yang lebih baik. Kau membuatku bahagia menjadi Hermione," tulis Emma Watson.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: The Washington Post.

Share    

IDWS Promo