IDWS.ID

Movies

Kreator 'Kimi no Na wa' Kembali dengan Film Anime Terbarunya, 'Suzume no Tojimari'

13 Apr 2022

Makoto Shinkai kembali dengan film layar lebar animasi terbarunya, Suzume no Tojimari (Penguncian Suzume) yang mengajak para penggemar anime berpetualang di dunia imajinasi penuh warna khas Shinkai.

IDWS, Rabu, 13 April 2022 - Setelah pertama dikenal lewat film 5 Centimeters Per Second (2007) yang sukses membuat banyak penggemar anime merasakan pahitnya kehilangan cinta, Makoto Shinkai terus konsisten menelurkan film demi film. Dimulai dari The Garden of Words (2013), ia rutin merilis film anime setiap tiga tahun sekali, di mana dua film terakhirnya yakni Your Name (2016) dan Weathering With You (2019) terbilang sukses secara komersial.

Kini tiga tahun setelah Weathering With You, Makoto Shinkai kembali menyapa para penggemar anime lewat film terbarunya yang telah merilis satu trailer, Suzume no Tojimari.

 

(CoMix Wave Films/YouTube JP Anime)

Selain Makoto Shinkai sebagai kreator, Masayoshi Tanaka (Your Name, Weathering WIth You) kembali mengisi peran mendesain karakter untuk Suzume no Tojimari. Kenichi Tsuchiya (Your Name, The Garden of Words) berperan sebagai sutradara animasi. Takumi Tanji (Your Name, 5 Centimeters Per Second, The Garden of Words) berperan sebagai sutradara seni.

 

Poster resmi dari Suzume no Tojimari. (CoMix Wave Films/My Anime List)

Seperti biasa, trailer Suzume no Tojimari ini memperlihatkan ciri khas film-film Makoto Shinkai seperti desain warna berkontras tinggi, atmosfer termenung, dan kekuatan misterius yang dimiliki protagonis.

Tojimari sendiri memiliki arti "menutup dan mengunci pintu" yang tak lain adalah tema utama dalam film ini.

 

(CoMix Wave Films/YouTube JP Anime)

 

Sinopsis

Mengutip Natalie, Suzume no Tojimari mengikuti kisah dari seorang siswi berusia 17 tahun bernama Suzume yang tinggal di sebuah kota sunyi di Kyushu, wilayah barat daya Jepang. Cerita dimulai ketika Suzume bertemu dengan seorang remaja pria yang tengah mencari sebuah "pintu". Keduanya kemudian bersama-sama pergi mencari pintu misterius itu, hingga akhirnya menemukan sebuah pintu tua di reruntuhan suatu rumah di pegunungan. Seolah dipikat oleh "sesuatu", Suzume menaruh tangannya di gagang pintu lalu tiba-tiba ia ditarik ke dunia di balik pintu tersebut.

 

Suzume, tokoh utama dari Suzume no Tojimari. (CoMix Wave Films/YouTube JP Anime)

Kemudian satu per satu, pintu-pintu yang disebut "Pintu Bencana" bermunculan di berbagai area di Jepang, dan mengakibatkan berbagai bencana.

Suzume menjelajah Jepang demi menutup dan mengunci pintu-pintu bencana untuk menghentikan bencana di Negeri Sakura, sebuah petualangan dan pertarungan di dunia modern demi meraih kedewasaan serta kebebasan seorang gadis.

 

Kesan dan prediksi dari trailer

Dari trailernya, Suzume no Tojimari sepertinya konsisten dengan tren film Makoto Shinkai semenjak The Garden of Words, yakni berada di dunia yang sama dan satu film memiliki latar belakang waktu setelah film Shinkai yang sebelumnya.

Yukino, guru wanita yang muncul di The Garden of Words, muncul sebagai guru dari Mitzuha di Your Name. Mitzuha bersama tokoh utama pria di filmnya, Takaki, muncul di Weathering With You.

 

(CoMix Wave Films/YouTube JP Anime)

Belum terlihat karakter dari Weathering With You di trailer Suzume no Tojimari, namun latar belakang kota di trailer Suzume no Tojimari yang terendam air sepertinya mengindikasikan bahwa film ini memang mengambil latar belakang waktu sesudah Weathering With You (Tokyo terendam air di ending Weathering With You, dan bisa jadi pula, kota-kota lain di Jepang).

 

(CoMix Wave Films/YouTube JP Anime)

Berbeda dengan Your Name dan Weathering With You yang lebih mengutamakan romantisme, Suzume no Tojimari sepertinya akan menjadi film dengan cerita yang lebih serius dan tidak terlalu berfokus pada percintaan seperti dua pendahulunya itu. Dari sinopsis resminya yang menyebutkan Jepang akan mengalami berbagai bencana, dan juga soundtrack dari trailer yang jauh dari kesan romantis, jelas mengindikasikan bahwa film ini akan menggambarkan ketegangan yang memecah kesunyian, dan sangat mungkin juga akan diwarnai oleh kesedihan.

 

 

Suzume no Tojimari dijadwalkan rilis pada 11 November 2022 di Jepang.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo