IDWS.ID

Movies

Aktor Pengisi Suara Carl Fredricksen dalam Film Animasi 'Up' Meninggal di Usia 91 Tahun

30 Aug 2021

Aktor Ed Asner yang mengisi suara karakter Carl Fredricksen dalam film animasi Up (2009) meninggal dunia di usia 91 tahun pada Minggu (29/8/2021) waktu AS.

IDWS, Senin, 30 Agustus 2021 - Kepergian dari aktor peraih 7 penghargaan Emmy itu dikonfirmasi oleh pihak publicist Ed Asner kepada Variety, yang menyatakan bahwa Asner meninggal pada hari Minggu kemarin dikelilingi oleh keluarganya.

Akun Twitter resmi sang aktor juga mengugngah postingan yang dibuat oleh keluarganya kepada rekan dan penggemar Asner.

"Dengan berat hati kami menyampaikan bahwa kepala keluarga tercinta kami telah meninggal pagi ini dengan damai. Kata-kata tidak bisa mengungkapkan kesedihan yang kami rasakan," tulis unggahan tersebut.

 

Ed Asner dikenal oleh generasi milenial berkat perannya sebagai pengisi suara Carl Fredricksen dalam Up (2009). (Foto: AFP/VALERIE MACON)

Seorang veteran di panggung komedi di Kota Chicago, Ed Asner dulunya dikenal sebagai aktor biasa sebelum kemudian mendapat peran sebagai Grant dalam sitcom Mary Tyler Moore yang tayang perdana pada 1970. Pada awalnya karakter Grant kurang disukai karena karakternya yang cemberut, dasi yang tidak diikat, serta seringkali membawa sebotol whiskey.

Namun seiring dengan perjalanan acara tersebut selama tujuh tahun, karakter Grant menjadi lebih mellow dan malah menjadi favorit penonton, sampai-sampai dibuatkan serial spin-off sendiri berjudul Lou Grant yang tayang pada 1977-1982.

Berkat perannya sebagai Grant, Ed Asner diganjar lima penghargaan Emmy, tiga di antaranya sebagai aktor pendukung terbaik dan dua lainnya sebagai aktor utama dalam Lou Grant. Dua penghargaan Emmy lainnya ia dapat dari mini-seri tahun 1976 berjudul Rich Man, Poor Man, dan Roots (1977) melansir laporan CNN.

Setelah Lou Grant dihentikan, Asner masih terus muncul dalam berbagai film layar lebar maupun program televisi seperti Modern Family, ER, Studio 70 on the Sunset Trip, The X Files, hingga Elf (2003).

Ed Asner berhasil merebut hati para pecinta sineas generasi baru berkat perannya sebagai pengisi suara dari karakter Carl Fredricksen di film animasi populer garapan Pixar, Up (2009).

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo