IDWS.ID

Movies

Dilan 1991 Hanya Butuh Empat Hari Untuk Pecahkan Dua Rekor Box Office Indonesia!

04 Mar 2019

IDWS, Senin, 4 Maret 2019 - Film romansa remaja yang sudah lama dinanti, Dilan 1991 membuktikan diri sebagai film yang layak untuk diperhitungkan dalam jagat perfilman Tanah Air. Bagaimana tidak, setelah merengkuh 800 ribu penonton pada penayangan perdananya (80 ribu pada Hari Dilan plus 720 ribu pada penayangan pernada bioskop pada 1 Maret lalu), film besutan Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini mampu menyedot hingga lebih dari 2 juta penonton pada hari keempat!

 

 

Dilan 1991 dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea) yang kembali berduet sebagai dua sejoli yang menjalani kisah romantis masa remaja era 90-an di Bandung. Setelah Dilan 1990 menjadi film terlaris tahun lalu dengan 6,3 juta penonton, film keluaran Max Pictures ini masih memiliki daya pikat yang teramat kuat karena hubungan asmara antara Dilan dan Milea menjadi role model bagi jutaan kaum milennial di Indonesia hingga memecahkan berbagai rekor. 

 

 

Torehan lebih dari 2 juta penonton dalam 3 hari penuh penayangan menjadi rekor baru dalam sejarah perfilman Tanah Air. Pada hari kedua, Dilan 1991 menjadi film tercepat yang mampu menembus angka 1 juta penonton yakni hanya butuh 2 hari. Rekor ini melewati rekor sebelumnya yang dipegang oleh Warkop DKT Reborn: Jangkrik Boss Part 1 & 2 dengan 3 hari. 

Tak berhenti sampai di situ, film kedua dari tiga seri novel karangan Pidi Baiq ini juga menjadi yang tercepat dalam meraih 2 juta penonton dalam jangka waktu penayangan hanya 3 hari. Kembali, prestasi ini melewati rekor Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 & 2 dengan waktu 5 hari. 

 

(Sumber: Max Pictures)

Berkat antusiasme luar biasa dari para penikmat film Tanah Air inilah, MuRI (Museum Rekor Indonesia) pun tak ragu mengapresiasi Dilan 1991 lewat penghargaan dua rekor MuRI, masing-masing adalah "Film Pertama yang Ditonton di Bioskop hingga 80 ribu Orang" yang didapat dari jumlah penonton di Hari Dilan. Sedangkan rekor kedua adalah "Film Pertama di Bioskop yang ditonton sampai 720.000 orang di Hari Pertama Pemutaran di Bioskop". Kedua penghargaan bergengsi ini diberikan langsung oleh Jaya Suprana, Direktur MuRI. 

 

 

Perolehan ini tak bisa dipungkiri berkat tanggal tayang perdana Dilan 1991 (1 Maret 2019) yang mendahului film superhero Marvel, Captain Marvel yang baru tayang pada Rabu (6/3/2019) lusa nanti. Strategi yang tepat dalam menentukan tanggal perilisan membuat Dilan 1991 sukses besar, tentunya tidak mengesampingkan kualitas film itu sendiri, sekaligus tema asmara muda-mudi yang diangkat juga sangat mengena ke hati mayoritas pecinta layar lebar Indonesia yang merupakan generasi muda. 

Sekali lagi, selamat untuk prestasinya, Dilan dan Milea!

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kincir.com

Share    

IDWS Promo