IDWS.ID

Movies

Sutradara Toy Story 3 Meninggalkan Pixar Setelah Mengabdi Selama 25 Tahun

21 Jan 2019

IDWS, Senin, 21 Januari 2019 - Sutradara pemenang Oscar Lee Unkrich (51) yang merupakan orang di balik kesuksesan Toy Story 3 dan Coco resmi meninggalkan Pixar Animation Studios 

 

Kepergian Unkrich ini menandai berakhirnya sebuah era karena ia telah berkarya di studio animasi yang berbasis di Emeryville, California itu selama 25 tahun lamanya. Unkrich bergabung dengan Pixar ketika studio itu tengah memproduksi Toy Story di mana Unkrich kemudian ikut serta dalam proyek itu sebagai editor. Ia lalu berkolaborasi dengan sutradara-sutradara lain dalam melahirkan berbagai karya awal Pixar yang terkenal, seperti Toy Story 2, Monsters, Inc, dan Finding Nemo sebelum kemudian menjadi sutradara solo dalam film berpendapatan 1 milyar dollar Toy Story 3

Unkrich menginformasikan kepada para pegawai Pixar akan keputusannya pergi tersebut pada Jumat, 18 Januari 2019. Dilansir dari The Holywood Reporter, Ia mengaku bahwa dirinya pergi bukan untuk membuat film dengan studio lain, namun ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya serta mengejar ketertarikan-ketertarikan lain yang telah lama ia kubur dalam-dalam. 

Besoknya, pada Sabtu (19/01), ia menuliskan sebuah surat dalam sebuah cuitan Twitter kepada para koleganya di Pixar. 

 

 

Kepergian Unkrich ini terjadi di saat industri animasi dan studio Pixar sendiri tengah dalam masa pergantian. Mentornya sekaligus salah satu pendiri Pixar John lasseter, pergi dari Pixar dan Walt Disney Animation karena kasus kelakuan buruk di tempat kerja dan kini bergabung dengan Skydance Animation. 

Banyak rekan-rekan Unkrich yang menyayangkan kepergiannya, serta memberi pujian atas semua kerja kerasnya bersama Pixar dan Walt Disney. (Stefanus/IDWS)


Sumber: The Holywood Reporter

Foto Kover: @leeunkrich/Twitter

Share    

IDWS Promo