IDWS.ID

Celebrity Snapshot

Komedian Komeng Jadi Trending di Twitter Setelah Video Leluconnya Dianggap Merendahkan Kaum Perempuan

12 Jan 2022

Komedian veteran Indonesia, Komeng, tiba-tiba jadi trending di Twitter pada Rabu hari ini. Rupanya, hal itu terkait video lawakannya yang dinilai tidak pantas oleh warganet, terutama dari kalangan Gen Z.

IDWS, Rabu, 12 Januari 2022 - Lawakan tersebut adalah lawakan Komeng ketika berperan menjadi seorang ayah di salah satu stasiun televisi lokal. Dalam lawakan itu, Komeng menjadikan anak perempuannya sebagai lelucon dengan dialognya yang kemudian dipermasalahkan warganet. 

Anak Komeng (diperankan Desy Genoveva) pada saat itu tengah berakting menanyakan di mana letak toilet, yang dijawab oleh komika Marshel. Begitu anak perempuannya masuk ke "toilet", Komeng bergegas menyusul dan kemudian ditanyai oleh Marshel "Mau ke mana?"

Komeng pun menjawab "Mau jagain anak saya, takut ada yang ngintip," yang kemudian dibalas "ya tapi kan bisa lewat depan pak kenapa musti lewat belakang?" Komeng kemudian menjawab "Daripada orang lain yang ngintip mendingan bapaknya yang ngintip."

Kalimat terakhir inilah yang dipermasalahkan warganet karena dianggap merendahkan martabat perempuan di mana perempuan selalu dijadikan obyek lelucon serta nafsu bagi kaum pria.

Satu warganet terang-terangan mengaku heran hal seperti itu dijadikan lelucon oleh Komeng. Menurutnya, lelucon mengenai bapak mengintip anak perempuan itu sudah tidak sehat.

"Gila bs ya kasus kyk gini dijadiin jokes. Udh ga sehat sih indo mana memnag di kasus ini setiap korban jg psti selalu kalah denagan alasan "salah sendiri" EMOSI BGT," tulis @mrclloey.

Seorang warganet lainnnya dengan lantang menyebut lelucon kaum boomer toxic, penuh sexual harrasment, hingga bullying meski sayangnya unggahan itu kini telah dihapus. Namun IDWS sempat mengambil tangkapan layarnya yang dibagikan ke grup Telegram.

 

(Kredit: IDWS/Grup Telegram)

Meski banyak yang mencaci lelucon Komeng, banyak juga netizen yang membela sang pelawak, terutama mereka yang berasal dari generasi 90an dan sebelumnya. Menurut mereka, apa yang dikatakan Komeng jelas-jelas adalah komedi satir sehingga tidak perlu tersinggung dan dimasukkan ke dalam hati.

"wkwkw tersinggung, jelas ini satir. kalo baper berarti humormu rendah alias ga bermutu. padahal seni pertunjukkan bsa di pake buat nunjukin keresahan yg terjadi di skrg2 ini," tutur @notyourpolice.

"'mending bapaknya yang ngintip" bukan "mending saya yang ngintip'. jelas ini cuma buat sindiran sih kalo menurut gua. soalnya emang lagi rame berita bapak cabul sama anaknya." tulis @nvrakmal.

"ini lebih ke satir si keknya dan seharusnya dimasukin juga videonya si di tiktok jangan sekelebatan² aja," tulis @bubumoaduk.

Beberapa pengguna Twitter menyebut bahwa Gen Z terlalu berlebihan dan kurang paham dalam menanggapi lelucon Komeng, bahkan sampai memasukkan cuplikan video viral itu ke TikTok untuk dihujat.

Hingga berita ini ditulis, belum ada komentar dari Komeng maupun stasiun TV yang menayangkan acara komedi tersebut mengenai tudingan negatif warganet.

 

(Stefanus/IDWS)


Gambar fitur: Vidio/Twitter/@astahereeebitjh

Share    

IDWS Promo