IDWS.ID

Celebrity Snapshot

Penyanyi Cantik Korsel Tersandung Skandal Plagiat Tesis

21 Dec 2020

Artis K-pop, Hong Jin Young, tersandung skandal tesis palsu untuk meraih gelar master.

IDWS, Senin, 21 Desember 2020 - Skandal itu bermula ketika pada bulan November bulan lalu, tesis Hong Jin Young untuk meraih gelar master dilaporkan dicurigai sebagai hasil plagiat atau meniru karya orang lain. Tesis tersebut disebut mendapat skor 74% kemiripan di situs review plagiat, "Copy Killer". Agensi Hong Jin Young sempat membantah klaim tersebut.

Wanita berusia 35 taun itu sebelum kasus ini memiliki gelar Bachelor of Commerce, Master of Trade, dan Ph. D in Business Administration yang ia dapatkan dari Universitas Chosun.

 

Penyanyi Korsel Hong Jin Young tersandung skandal plagiat tesis. (Foto: Instagram/@sambahong)

Tentunya kita paham, bahwa praktik plagiat apalagi menyangkut tesis dalam dunia pendidikan, adalah tindakan tercela yang dianggap memalukan.

Setelah tuduhan plagiat tersebut terus menyebar dan makin ramai diperbincangkan di Korea Selatan, Hong Jin Young pun akhirnya buka suara dengan mengeluarkan sebuah pernyataan.

"Saya mengatur waktu saya, berunding dengan profesor, serta melakukan yang terbaik untuk mengerjakan tesis tersebut. Meskipun tesis itu lolos tanpa masalah pada saat itu, sekarang orang-orang berkata bahwa tesis itu dihakimi oleh persentase atau lainnya, dan saya sangat kecewa dan frustasi karena apapun yang saya katakan sekarang akan terdengar seperti alasan," ungkap Hong Jin Young dalam pernyataan tersebut. Ia kemudian bahkan menyatakan akan melepas gelar master dan doktornya.

 

Penyanyi Korsel Hong Jin Young tersandung skandal plagiat tesis. (Foto: Instagram/@sambahong)

Pada 15 Desember 2020, Komiter Penelitian Integritas di bawah naungan Komite Etik dari Universitas Chosun merilis kesimpulan sementara akan tesis gelar master Hong Jin Young tersebut. Mereka kemudian mengirimnya ke Komite Lulusan Sekolah Korea Selatan yang kemudian memberi batas waktu kepada Hong Jin Young hingga 18 Desember untuk memberi penjelasan.

 

Penyanyi Korsel Hong Jin Young tersandung skandal plagiat tesis. (Foto: Instagram/@sambahong)

Komite Lulusan Sekolah Korsel kemudian menggelar perundingan pada 23 Desember untuk membahas tesis tersebut. Apabila diputuskan bahwa tesis itu hasil plagiat, maka gelar master dan doktor Hong Jin Young akan otomatis dicabut.

Hong Jin Young kemudian mengakui hal yang sebenarnya lewat sebuah surat yang diunggah di Instagram.

 

Surat permintaan maaf yang ditulis Hong Jin Young terkait skandal plagiat tesisnya. (Foto: Instagram/@sambahong)

Inti dari surat tersebut adalah, Hong Jin Young mengakui bahwa dirinya "bersalah" dan ia juga akan menerima kesimpulan plagiat dari Universitas Chosun. Ia mengaku sempat membela diri karena ia takut tidak bisa lagi melanjutkan karirnya di dunia hiburan jika tesisnya divonis sebagai hasil plagiat. Namun pada akhirnya ia memilih mengakui salah dan meminta maaf kepada semua pihak yang terlibat, juga kepada orang-orang yang tengah mengerjakan tesis mereka dengan jujur.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Soompi

Share    

IDWS Promo