IDWS.ID

Travelling

Visa dan Uang Habis, Pria Ini Nekat Berenang ke Australia Sebelum Kemudian Terdampar di NTT

18 Jan 2020

IDWS, Sabtu, 18 Januari 2020 - Seorang warga negara asing (WNA) asal Aljazair bernama Haminoumna Abdul Rahman nekad berenang Timor Leste ke Australia karena visanya habis dan dia sudah kehabisan uang. Sayangnya kenekatannya itu nyaris berujung maut baginya.

Menurut Kapolres Malaka Albert Neno dilansir dari Kompas.com, Haminoumna ditemukan terdampar di Pantai Motadikin, Kecamatan Malaka Tengah , perairan Nusa Tenggara Timur dengan kondisi fisik sangat memprihatinkan. Ia ditemukan oleh warga setempa sekitar Sabtu (11/1/2020) sekitar pukul 20.00 WITA dan dilarikan ke Rumah Sakit Penyangga Perbatasan Betun (RSUPP).

Setelah ditelusuri, pria berusia 31 tahun ini ternyata sempat tinggal di Dili, Ibukota Timor Leste, selama beberapa bulan sejak Desember 2019 sebagai turis backpacker. Masalah datang ketika visanya habis, sementara Haminoumna tak punya uang untuk memperpanjang izin tinggal. Entah dari mana, terbersit ide nekat berenang ke Australia tanpa alat atau perahu sama sekali.

 

Ilustrasi pria berenang di laut. (CESAR MONROY/VIA WIKIMEDIA COMMONS/ LISENSI CC 2.0)

Kepada petugas, Haminoumna mengaku hendak ke Suai, untuk berenang menuju perairan Australia. Dia mengaku dapat informasi dari warga lokal, bahwa jarak pesisir Suai menuju kawasan Negeri Kanguru relatif dekat. Menurut Neno, dia bingung harus mencari uang kemana lagi.

Sekalipun Haminoumna mengaku awalnya datang sebagai turis, namun tak bisa dipungkiri di wilayah tersebut sudah berulang kali terjadi kasus upaya gagal migran melintasi perairan menuju Australia. Indonesia dan Timor Leste selama satu dekade terakhir merupakan rute transit favorit imigran tanpa dokumen, terutama mereka yang menjadikan Australia sebagai daerah tujuan suaka. Rata-rata adalah pencari suaka asal Afghanistan, Irak, Iran, serta Aljazair.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Vice Indonesia via Kompas.com

Share    

IDWS Promo