IDWS.ID

Travelling

5 Tips Agar Tetap Nyaman Menghadapi Penerbangan Jarak Jauh Naik Kelas Ekonomi

19 Oct 2019

IDWS, Sabtu, 19 Oktober 2019 - Liburan naik pesawat memang lebih nyaman dibandingkan naik transportasi lainnya. Namun sayangnya, perjalanan jauh yang bisa memakan waktu hingga 3 jam seringkali membuat kita merasa pegal apabila terlalu lama duduk di kursi pesawat, apalagi kalau memilih kursi di kelas ekonomi. Tentu rasa lelah dan gelisah terkadang ikut menghantui.

Nah, kalau kamu yang sudah booking tiket garuda Indonesia tapi memilih duduk di kelas ekonomi, ada beberapa tips untuk menyiasatinya. Mau tahu apa saja? Berikut tips yang bisa dicoba agar penerbangan kamu setidaknya lebih terasa nyaman.


 

1. Memilih tempat duduk

Saat ini penumpang pesawat bisa memanfaatkan layanan online check-in. Ini tentunya lebih praktis.sehingga penumpang tidak perlu berjam-jam menunggu di bandara agar bisa mendapat kursi terbaik waktu check-in. Manfaatkan fasilitas ini dengan memilih tempat paling nyaman menurut kamu.

Misalnya saja tempat duduk yang dekat jendela. Jadi kamu tidak akan terganggu penumpang di bangku sebelah yang hendak ke toilet. Begitu juga gangguan suara dari troli makanan di lorong.

Selama perjalanan yang cukup jauh, kamu bisa merebahkan kepala di dinding pesawat, melihat pemandangan di luar jendela atau mungkin sesekali mengambil foto langit. Coba juga cari tempat duduk di dekat sayap, terutama jika kamu mudah mual saat penerbangan. Sebab lokasi ini lebih sedikit gejolak saat turbulensi.


2. Gunakan pakaian yang nyaman

Pastikan kamu memakai pakaian yang paling nyaman dan longgar. Tentu memakai jeans ketat akan terasa tidak enak untuk perjalanan lebih dari 10 jam. Lebih baik pilih celana kain yang longgar. Meski mungkin terlihat kurang keren, namun kamu tak perlu peduli penampilan saat perjalanan panjang.

Lebih baik lagi kamu juga membawa jaket, sweater atau lapisan baju tambahan lain. Sebab kemungkinan kamu akan merasa dingin di pesawat. Meski umumnya pesawat meminjamkan selimut untuk perjalanan jauh. Persiapkan juga kaus kaki untuk menghangatkan kamu di pesawat.

 

Masker penutup mata untuk tidur sangat berguna dalam penerbanganmu. (Foto: Lilysilk.com)


3. Siapkan perlengkapan tidur

Bawalah bantal leher agar kamu lebih nyaman tidur di pesawat. Begitu pula dengan penutup mata untuk menangkal cahaya dan penyumbat telinga supaya tidak mendengar suara-suara sekitar. Ini tergolong penting bagi kamu yang ingin lebih lelap tidur selama perjalanan. Apalagi buat kamu yang sulit tidur di pesawat.

Sebelum berangkat, cek juga ketersediaan selimut dari pesawat yang kamu tumpangi. Kalau tidak ada, kamu bisa mempersiapkan pashmina untuk mengatasi hawa dingin di dalam pesawat


4. Bawa buku dan gadget

Kalau kamu mudah bosan, jangan lupa bawa sesuatu untuk dibaca saat di pesawat. Kamu juga bisa mengisi smartphone, tablet atau laptop yang kamu bawa dengan hiburan. Misalnya saja film, tayangan tv, games hingga e-book. Suka menulis? Manfaatkan waktu dengan menulis di buku catatan atau gadget.

Pastikan semua peralatan elektronik kamu sudah diisi baterai hingga penuh sebelum berangkat. Bawa juga cadangan baterai atau powerbank untuk berjaga-jaga. Tentu sangat tidak menyenangkan jika semua gadget yang kamu bawa kehabisan baterai tanpa ada cadangan. Apalagi kalau tidak ada layanan hiburan di pesawat. Perjalanan panjang pun akan terasa makin lama!.

 

Mendengarkan musik favorit bisa membantumu menempuh perjalanan yang membosankan. (Foto: letrascancones.org)


5. Dengarkan musik

Simpan musik di dalam gadget. Kemudian dengarkan lagu atau musik instrumental yang bisa menenangkan kamu. Misalnya lagu jazz, suara alam atau lainnya yang cocok bagimu. Mendengar musik seperti ini bisa kamu lakukan menjelang tidur. Supaya kamu lebih mudah tidur dan bisa tertidur lelap.
Jadi, sudah siap menghadapi penerbangan jauh? Selamat mencoba!

 

 

Share    

IDWS Promo