IDWS.ID

Travelling

Yuk, Natalan Keliling Indonesia

24 Dec 2014

Perayaan natal sudah di depan mata. Selain semangat yang tinggi untuk menyambut hari raya ini, pastinya kamu juga akan bersemangat karena liburan natal ini bisa jadi long weekend di akhir tahun.


Kita semua tau, Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi disetiap daerahnya. Termasuk tradisi untuk merayakan hari natal. Nah, untuk kamu yang berencana untuk menikmati liburan akhir pekan sekaligus melihat sisi lain perayaan natal yang berbeda, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat dibawah ini :

 

1. Jakarta

Di ibu kota negara kita ini, kamu bisa menemukan keunikan dari perayaan natal. Kamu bisa berkunjung ke Kampung Tugu. Disana ada komunitas warga keturunan Portugis bermukim. Di Kampung Tugu ini ada tradisi unik dalam merayakan Natal, yakni setelah kebaktian warga berziarah ke kuburan yang terletak di samping gereja. Kemudian mereka menjalankan tradisi ‘Rabo-Rabo’, yaitu bermain musik keroncong dan menari bersama sambil keliling kampung untuk mengunjungi sanak keluarga. Setiap penghuni rumah yang sudha dikunjungi wajib mengikuti rombongan pemain keroncong sampai ke rumah terakhir. Untuk puncak perayaannya sendiri adalah ‘mandi-mandi’. Warga berkumpul di rumah sanak familinya, lalu mereka dengan serunya saling mencoret-coret muka satu sama lain dengan bedak putih sebagai simbol membersihkan kesalahan yang lalu menjelang tahun baru.

 

2. Yogyakarta

Tradisi wayang memang melekat di kota yogya. Ternyata pertunjukan wayang juga bisa kita saksikan ketikan perayaan natal di kota satu ini. Biasanya pendeta yang memimpin ibadah akan memakai baju beskap dan juga blangkon, selain memakai bahasa Jawa halus juga ada pertunjukan wayang kulit.

 

3. Sumatera Utara

Di masyarakat batak yang ada tradisi bernama “Marbinda”. Marbinda sendiri adalah tradisi menyembelih seekor hewan bersama-sama pada hari raya. Biasanya hewan yang disembelih adalah hasil tabungan bersama antara beberapa orang dari beberapa bulan sebelumnya. Nah, kalau patungannya banyak, hewan yang disembelih bisa kerbau. Tapi, kalau sedikit biasanya hanya babi. Dan pada hari H nya hewan tersebut akan disembelih dan dibagikan bersama. Kegiatan ini lebih dikenal dengan nama “marhobas”

 

4. Manado

Selain terkenal dengan kuliner bubur manado, masyarakat di kota ini juga merayakan natal dengan cara yang unik. Perayaan di Manado sudah diadakan sejak awal bulan Desember. Dengan ibadah pra-natal yang dilaksanakan tiap hari sampai hari natal tiba. Tradisi mengunjungi kuburan kerabatnya dan makan bersama disana. Tidak hanya saling berkunjung saja, pada kesempatan itu kuburan juga dibersihkan dan juga terkadang ditambahi lampu hias. Rangkaian kemeriahan natal ini berakhir pada minggu pertama bulan Januari. Pada akhir Januari akan dilakukan tradisi Taon, dimana warga akan melakukan pawai keliling kampung dengan kostum yang lucu-lucu.


5. Toraja

Atur jadwal kamu ke kota ini pada pertengahan Desember. Toraja akan menyambut kamu dengan festival budaya yang diberi nama  lovely Toraja. Untuk puncak acaranya sendiri tanggal 26 Desember. Masyarakat Toraja akan mengadakan arak-arakan yang disebut dengan “lettoan”


Nah, itu tadi lima kota di Indonesia yang memiliki tradisi yang unik dalam merayakan natal. Semoga bisa jadi referensi liburan kamu ya!

Share    

IDWS Promo