IDWS.ID

Parenting & Pregnancy

Pria Transgender Yang Hamil dan Melahirkan Seorang Bayi Ini Buka-Bukaan Soal Stigma Yang Ia Hadapi

08 Mar 2019

IDWS, Jumat, 8 Maret 2019 - Wyley Simpson (28) asal San Antonio, Texas, Amerika Serikat, telah memulai transisi gender dari wanita ke laki-laki ketika ia tiba-tiba menerima berita mengejutkan pada Februari 2018 lalu: Ia tengah hamil. 

 

Wyley Simpson pada April 2017 (kiri), saat hamil (tengah) dan Rowan anak dari Simpson (kanan). (Foto: The Sun)

Hal ini membuatnya gugup dan takut karena dirinya dan tunangannya Stephan Gaeth (28) tidak siap menjadi orang tua. Awalnya pasangan ini hendak mengajukan anak mereka nanti untuk diadopsi, namun pada akhirnya mereka memilih untuk membesarkannya sendiri. 

 

Stephan Gaeth (kiri), Rowan dan Wyley Simpson. (Caters News Agecy)

Simpson memutuskan ia akan bertahan dari ejekan publik ketika hamil karena menurutnya kehamilannya ini sangat pantas untuk dipertahankan. 

Tidak setiap hari seseorang melihat seorang pria hamil berjalan di jalanan, jadi kami menerima cukup banyak ejekan. Orang-orang mengatakan kepadaku bahwa aku tak akan pernah menjadi seorang pria sejati, karena pria tidak 'membawa' bayi (dalam perutnya). Bahkan semua orang tidak menyebutku berdasarkan gender, namun hanya dengan kata 'itu'.

 

Wyley Simpson terlahir sebagai seorang wanita bernama Whtney dan memulai transisi menjadi pria pada usia 21 tahun. (Caters News Agecy)

Simpson mengaku ejekan dan cemoohan publik bukanlah satu-satunya halangan saat hamil. Ia juga mengalami kesulitan akibat kehamilan itu karena membuatnya harus menghentikan transisi perubahan kelamin untuk sementara waktu. 

 

(Caters News Agecy)

Aku sudah khawatir karena ini merupakan kehamilan pertamaku, dan aku juga gugup karena harus menghadapi berbagai stigma karena diriku seorang pria yang hamil. Namun di samping komentar-komentar negatif dari orang lain, kehamilan ini menguras tenagaku secara emosional. 

Meski dipenuhi kesulitan fisik sekaligus emosional akibat kehamilan itu, Simpson mengungkapkan rasanya semua itu setimpal dengan harga menjadi seorang ayah. "Telah menjalani proses transisi (dari wanita ke pria) sejak usia 21 tahun, melahirkan bayi merupakan hal yang sangat feminim dan membuatku bingung. Tapi semua itu rasanya sepadan dengan melahirkan Rowan (nama bayi Simpson) dan menjadi seorang ayah." 

 

(Caters News Agecy)

Rowan lahir pada 5 September 2019, dan kini Simpson dan Gaeth menikmati kehidupan sebagai sepasang ayah. Akan tetapi pasangan ini tak berencana menambah anak lagi karena Simpson berencana untuk merampungkan transisi kelaminnya. 

Rasanya luar biasa ketika mengandung Rowan, merasakan tendangannya dan pergi ke dokter untuk melakukan scan. Akan tetapi bagi diriku secara pribadi, ini bukanlah hal yang bisa aku lakukan lagi. Aku tidak menganggap diriku kurang sebagai seorang pria setelah apa yang terjadi, namun aku tak ingin diidentifikasi dengan hal feminim seperti hamil, jadi hal ini tak akan terjadi lagi. Meski begitu, aku tetap bahagia dengan melahirkan bayiku secara alami. Ini membuat ikatanku dengan Rowan semakin dekat. 

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: people.com

Share    

IDWS Promo