IDWS.ID

Makanan

Fakta Warung Tengkleng Solo Baru yang Viral Karena Disebut Harganya Tak Masuk Akal

08 Dec 2021

Baru-baru ini, sebuah warung tengkleng di Jalan Kunir V, Solobaru, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, jadi sorotan publik karena disebut memasang harga mahal (ngepruk). Bagaimana faktanya?

IDWS, Rabu, 8 Desember 2021 - Warung Tengkleng Bu Harsi itu mendadak viral di media sosial. Dilansir dari TribunSolo, kekonyolan itu ternyata berawal dari sebuah akun Instagram yang memuat potongan review di Google terkait sebuah warung tengkleng tanpa menyebutkan nama warung bersangkutan.

Melansir laporan TribunSolo, di review tersebut banyak pembeli yang menghujat warung tersebut karena dianggap harganya terlalu mahal dan tak masuk akal. Meski nama warung tidak disebutkan, netizen dengan cepat mengidentifikasi warung tersebut sebagai Warung Tengkleng Bu Harsi di Solo Baru.

Dalam tulisan MMT di depan warung harga Tengkleng porsi kecil Rp15 ribu, dan tengkleng porsi besar Rp30 ribu. Namun, setelah makan di sana, pelanggan harus membayar di atas Rp100 ribu untuk dua porsi tengkleng.

Dalam wawancaranya dengan Tribun Solo, pemilik warung, Bu Harsi (60) mengaku terkejut mengetahui warungnya dituding terlalu mahal hingga menangis ketika ia juga mengetahui warungnya dihujat oleh netizen di dunia maya.

 

Harsi, penjual tengkleng di Jalan Kunir V, Solo Baru, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (7/12/2021). (KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

 

Fakta porsi tengkleng yang mahal

Menurut pengakuan Bu Harsi kepada TribunSolo, harga Rp 150 ribu yang dipermasalahkan netizen itu adalah harga untuk porsi lengkap yang memang jauh lebih mahal dari harga yang tertera di MMT depan warung.

"Kalau pengunjung mintanya kepala komplet, ya harganya memang Rp150 ribu," katanya, Senin (6/12/2021). "Kalau minta porsinya kecil, ya Rp15 ribu sampai Rp30 ribu. Ya tergantung mintanya isi apa," imbuhnya menerangkan mengapa banyak yang merasa di-kepruk denga harga mahal.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa para pembeli terlalu terfokus pada harga yang tertera di MMT depan, padahal itu hanya harga untuk porsi lain yang tidak selengkap porsi komplit tentunya.

Selain itu, salah satu alasan terjadinya kesalah pahaman adalah Harsi yang tidak membertahukan harga porsi lengkap/jumbo kepada pembeli yang datang ke warungnya ataupun membuat daftar menu lengkap dengan harganya.

"Saya gak pernah sekolah. Saya tidak bisa baca tulis, sehingga saya tidak bisa membuat daftar menu," ujarnya.

 

Warung tengkleng Bu Harsi yang viral karena dianggap harganya mahal di Jalan Kunir V Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (7/12/2021).(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

 

Fitnah lain

Selain masalah harga, sejumlah pernyataan liar juga turut mengomentari warung Tengkleng Harsi.  Seperti pemilik warung yang dituding sering buang air kecil di warung.

Menurut Harsi, itu adalah fitnah.

"Saya kalau buang air kecil itu di kamar mandinya Sate Ponorogo. Jika saya buang air disini, pasti di sini bau," ujarnya.

Harsi menjelaskan banyak masyarakat yang berkomentar buruk kepadanya, karena mungkin banyak yang tidak suka.  Warung makan tengleng Harsi sudah buka sejak tahun 1990-an.  Dulunya, Harsi buka bersama suaminya, namun saat ini dia hanya buka sendiri karena suaminya sudah meninggal dunia.

"Anak saya dua, sudah menikah semua. Mereka sudah berkerja masing-masing," ujarnya.

Tiap hari, Harsi dibantu seorang tukang becak langganannya untuk membuka dan menutup lapaknya.

"Warung saya setiap hari, dari jam 07.00-15.00," kata dia.

 

Disarankan membuat daftar harga

Viralnya warung tersebut membuat sejumlah masyarakat penasaran, dan mencoba membuktikan sendiri. Seperti yang dilakukan Ari, warga Kecamatan Baki, Sukoharjo.

"Saya penasaran dan ingin mencoba paket yang kecil. Rasanya cukup enak," ujarnya seperti dikutip dari TribunSolo.

Mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, Ari menyarankan agar pelanggan menanyakan terlebih harga dari makananan yang dipesan.

Berikut daftar harga menu Warung Tengkleng Bu Harsi:

  • Tengkleng Kambing Komplit: Pipi 2, Telinga 2, Lidah, Otak harga Rp150 ribu.
  • Paket kecil: Telinga dan tambahan daging, Rp 15 ribu
  • Paket Sedang: Pipi atau telinga, dam tambahan daging Rp30 ribu.
  • Paket besar: Pipi, Lidah, Iga Rp50 ribu.
  • Tengkleng sapi porsi normal Rp50 ribu.
  • Nasi: Rp5 ribu
  • Es Teh: Rp 2ribu

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: TribunSolo

Share    

IDWS Promo