IDWS.ID

Makanan

Rong Heng Seafood: Restoran Unik Dengan Pelayan Robot

04 Feb 2016

Sebuah restoran memang kerap identik dengan pelayanan, bukan sekedar itu saja untuk membuat pengunjungnya merasa nyaman, restoran selain di isi dengan berbagai hiasan dan dari segi pelayanan juga selalu ditambahkan. Namun apa jadinya kalau yang melayani kita untuk memesan makanan dan minuman di restoran tersebut bukannya orang tapi justru robot?

Sebuah restoran seafood asal Singapura ini merupakan tempat makan yang unik, dikarenakan mereka menggunakan robot sebagai pelayanannya. Restoran tersebut bernama Rong Heng seafood Restaurant yang menggunakan robot untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di restoran tersebut.

Restoran ini sendiri membutuhkan sekitar 15 pelayan tetapi hanya ada sekitar 10 pelayan saja yang terdiri 6 robot dan 4 pramusaji. Zhang Zhinong selaku pemilik restoran ini mendapatkan ide tersebut ketika dia makan di salah satu restoran yang berada di China sekitar 2 tahun lalu.

“Bagaimanapun Anda mengesalkan mereka, robot tidak akan marah. Perselisihan kadang bisa muncul antara pramusaji dan konsumen. Robot juga tidak perlu gaji, bonus atau kesejahteraan. Mereka bisa bekerja 24/7, tidak mengambil cuti atau izin sakit dan tidak akan berhenti. Datangnya Tahun Baru Imlek, mereka juga tidak memiliki masalah dengan lembur,” jelas Zhang, seperti yang dilansir dari My Paper (01/02).

Zhang pemilik restoran ini mengaku bahwa dengan adanya robot sebagai pelayan di restoran dia membuat pengeluaran sangat hemat. Bayangkan saja untuk menggaji pramusaji saja sekitar 288,1 juta pertahun sedangkan untuk harga robotnya saja hanya sekitar 134,4 juta saja. Meski Zhang memakai Robot sebagai pramusaji, akan tetapi dia tidak sepenuhnya mengganti pramusaji manusia.

Share    

IDWS Promo