IDWS.ID

Health

Usahakan Mencuci Rambut Tidak Setiap Hari

29 Apr 2015

Masih banyak diantara kita yang melakukan kegiatan keramas setiap hari. Faktanya, hal tersebut berbahaya dari penggunaan sampo setiap hari.Untuk menghindari dampak buruk, ada baiknya Anda tidak menggunakan sampo setiap hari. Simak ulasan berikut ini :

 

Masalah rambut dan kulit kepala

 

Bahan berbahaya pada sampo, yakni SLS, dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan membuat rambut menjadi rontok. SLS adalah kandungan yang membuat busa dalam sampo yang memiliki protein denaturasi yang bersifat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit, sehingga menyebabkan banyak masalah kulit kepala.

 

Masalah mata
 



 

Kandungan beracun seperti SLS atau SLES dapat menyebabkan katarak pada orang dewasa jika terlalu sering digunakan. Lebih mengejutkannya lagi, keramas setiap hari bagi anak-anak dapat menghambat perkembangan mata mereka. Sedangkan formaldehida pada sampo menyebabkan sensasi terbakar pada mata.

 

Masalah kulit

 

Keramas setiap hari mengurangi produksi alami minyak dari kulit, sehingga menyebabkan berbagai iritasi kulit. Sering terpapar sampo juga dapat menyebabkan ruam, radang kulit, gatal-gatal, dan kemerahan karena bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan tersebut.

 

Sistem kekebalan

 

Bahan-bahan kimia berbahaya dalam sampo dapat mengancam sistem kekebalan tubuh Anda jika digunakan berulang kali. Terutama bahan-bahan seperti SLS dan SLES yang 95% ditemukan pada sampo menyebabkan risiko utama terhadap sistem kekebalan tubuh.

 

Kanker

 

Sampo mengandung Diethanolamaine (DEA) sebagai agen pembasahan dan nitrit sebagai pengawet yang digunakan dalam sampo. Kedua bahan kimia ini bereaksi membentuk nitrosamin yang menyebabkan senyawa kanker. Selain itu, paraben sebagai pengawet dapat mengakibatkan kanker payudara.

Share    

IDWS Promo