IDWS.ID

Health

Viral Eks Menkes Terawan Disebut Akan Direkrut Jerman, Cek Faktanya!

08 Apr 2022

Baru-baru ini beredar informasi yang menyebutkan bahwa eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akan segera direkrut oleh negara Jerman usai "dipecat" dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

IDWS, Jumat, 8 April 2022 - Informasi yang jadi viral di media sosial itu juga memperlihatkan foto Terawan tengah berdampingan dengan sejumlah dokter asing. Informasi tersebut berjudul "Selangkah lagi dr Terawan Resmi Menjadi Milik Jerman".

Lantas, bagaimana dengan kebenarannya?

Melansir laporan detikcom, foto Terawan bersama beberapa dokter asing itu rupanya diambil pada 2018 silam. Menggunakan teknologi Reverse Image Search dari Google, foto itu dipulbikasikan oleh sejumlah media. Faktanya, foto itu diambil ketika Terawan tengah membuka perjanjian kerjasama di Krankenhaus Nordwest Jerman pada April 2018 yang menjadi awal dari kolaborasi antara Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) dengan rumah sakit tertua di Kota Frankfurt, yakni Rumah Sakit Universitas Frankfurt.

 

Foto viral tentang Terawan yang disebut akan "jadi milik Jerman". (detikcom)

Saat itu, Terawan menjelaskan bahwa nantinya pasien Indonesia tidak perlu lagi ke luar negeri untuk mencari penanganan pengobatan yang maksimal. Rencananya saat itu agar pasien yang membutuhkan penanganan transplantasi hati bisa ditangani di RSPAD.

Maka dari itu, kesimpulan dari pemberitaan bahwa Terawan direkrut oleh Jerman adalah palsu alias hoaks.

Terawan sendiri telah diberhentikan dari keanggotaan IDI secara permanen terkait vaksin nusantara yang dipromosikannya dinilai berbahaya dan belum teruji benar secara klinis.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo