IDWS.ID

Health

Toilet Masa Depan, Dilengkapi AI Untuk Memantau Kesehatan Penggunanya

01 Oct 2019

IDWS, Selasa, 1 Oktober 2019 - Suatu hari nanti, teknologi bisa sangat maju hingga toilet pun turut berevolusi menjadi salah satu alat menjaga kesehatan yang efektif. Lho, kok bisa?

Sebuah perusahaan bernama Micron saat ini tengah mengembangkan sebuah AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan) yang nantinya akan dipasangkan dalam toilet.

Toilet spesial yang dilengkapi AI ini nantinya dapat menganalisa urin maupun feses (kotoran) yang dibuang ke toilet. Tahukah kamu, tes apa yang paling sering digunakan untuk menentukan kesehatan seseorang? Yup, tes urin dan feses.

Dengan AI menganalisa urin dan feses secara rutin setiap harinya, maka ia dapat memberikan hasil analisis akurat akan kesehatan penggunanya, jauh lebih efisien dibandingkan kita pergi ke klinik atau laboratorium untuk tes kesehatan yang bisa memakan biaya tak sedikit.

Analisa feses digunakan untuk mendiagnosis kondisi tubuh terutama dalam hal pencernaan. Seperti mendeteksi apakah ada infeksi pada organ pencernaan, tingkat penyerapan nutrisi dari makanan yang rendah, atau bahkan kanker.

Di saat yang sama, analisa urin dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit ginjal, liver, hingga fase awal diabetes.

Feses dan urin sendiri adalah limbah sisa-sisa pencernaan tubuh di mana racun serta sisa makanan atau minuman dibuang keluar tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat. Menganalisa feses dan urin secara rutin setiap hari dapat membantu kita untuk mendeteksi gejala penyakit, menentukan penanganan apa yang diperlukan, hingga mengatur pola makan dan gaya hidup untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Mengubah pandangan hidup sehat itu merepotkan

Pada rancangannya, toilet AI dilengkapi dengan perangkat untuk memonitor hasil analisa urin dan feses, memastikan kesehatan penggunanya tetap terjaga. Nantinya toilet itu bisa dihubungkan dengan smartphone atau tablet untuk memudahkan pengguna mengetahui hasil analisa, atau untuk menentukan siapa yang menggunakan toilet sehingga AI di dalam toilet tidak menyampuradukkan hasil analisa seseorang dengan analisa milik orang lain.

Toilet AI juga bisa berfungsi sebagai alarm, yang nantinya dapat memberitahu pengguna bila suatu gejala penyakit terdeteksi, bahkan menyarankan prosedur, gaya hidup atau pola makan apa yang bisa dijalani penggunanya agar sehat kembali, tanpa harus membuang uang untuk biaya cek kesehatan ke dokter yang belum tentu murah, dan seringkali panjang antriannya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, keren bukan, bila toilet saja bisa membantumu hidup sehat?

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Interesting Engineering

Gambar fitur: Demkat/iStock

Share    

IDWS Promo