IDWS.ID

Health

Menurut Penelitian, Bermain Video Games saat Istirahat Lebih Efektif daripada Meditasi

22 Dec 2018

IDWS, Sabtu, 22 Desember 2018 - Sebuah studi yang meneliti akan manfaat psikologis dari bermain game menunjukkan bahwa beristirahat sejenak sambil bermain game membuat manusia lebih rileks daripada kegiatan lainnya.

66 partisipan dalam penelitian studi tersebut diberi beberapa tugas komputer sulit (seperti mereorganisir spreadsheet Excel dll) yang menguras mental. 66 subyek percobaan itu lalu dibagi ke dalam tiga grup. Grup pertama bermain sebuah game kasual yang disebut Sushi Cat. Grup kedua melakukan meditasi dengan pengarahan dari ahli. Sedangkan grup ketiga tidak melakukan apa-apa, hanya beristirahat begitu saja secara total. Masing-masing grup mendapat jatah istirahat 6 menit lamanya.

 

Gameplay dari Sushi Cat. (YouTube)

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang tidak melakukan apa-apa masih merasakan stress, di mana mereka ketegangan yang mereka rasakan saat mengerjakan tugas-tugas sulit belum lama sebelumnya masih tersisa. Lalu grup yang melakukan meditasi mengalami lebih sedikit stress. Namun hanya grup yang bermain Sushi Cat yang benar-benar merasa lebih baik setelah istirahat, karena mereka dapat mengalihkan pikiran mereka seutuhnya dari tugas-tugas yang berat.

Rupp, seorang peneliti dari University of Florida yang juga ambil bagian dalam penelitian tersebut mengatakan:

Kita sering kali memaksakan diri setiap harinya untuk mengnyelesaikan pekerjaan, yang belum tentu lebih efektif dibandingkan beristirahat beberapa menit tanpa memikirkan pekerjaan. Orang-orang seharusnya merencanakan istirahat pendek guna melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti video games. Hal itu bisa sangat membantu mereka mengisi ulang kekuatan psikologis mereka.

Jadi ketika kita merasakan stress karena tugas-tugas yang memakan energi mental kita seperti bekerja atau sekolah, video games jadi solusi yang lebih efektif daripada sekedar duduk-duduk minum kopi atau bahkan meditasi!

Jadi unduhlah game-game kasual dan beristirahatlah sejenak sembari memainkannya. Jika bos atau gurumu memarahmu, perlihatkan artikel mengenai studi ini. Tentunya cukup memainkan kasual game. Beberapa game malah bikin kalian lebih stress daripada pekerjaan atau belajar di sekolah itu sendiri! (Stefanus/IDWS)


Sumber: Sora News 24

Gambar Kover: Pakutaso

Share    

IDWS Promo