IDWS.ID

Health

Berenang Dalam Kondisi Menstruasi, Aman?

19 Nov 2015

Haid atau menstruasi adalah hal rutin yang terjadi pada setiap wanita. Pernahkah kamu mendengar mitos larangan berenang saat kamu sedang menstruasi?

Banyak yang bilang jika wanita sedang haid lalu berenang, maka ditakutkan darahnya nanti akan berceceran di kolam renang. Tapi, tahukah kamu fakta kalau berenang saat Menstruasi itu justu baik untuk kesehatan?

Jika kamu sedang menstruasi maka akan ada perubahan hormon yang akan memberikan rasa nyeri dan tidak nyaman. Tapi, hal itu tidak semua dirasakan oleh semua kaum wanita. Namun, faktanya jika kamu berenang saat sakit haid, maka sakit itu akan hilang.

Seperti yang idws lansir dari Livestrong, berenang merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid. Selain itu, berenang juga membantu kualitas tidur meningkat. Daya apung air juga dapat menopang tubuh serta mengurangi tekanan punggung sehingga memulihkan nyeri punggung yang kadang timbul saat haid.

Tapi,sayangnya masih banyak wanita yang khawatir saat berenang darahnya bocor ke air. Tak usah khawatir, untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan tampon selagi berenang. Sebagian tampon dirancang khusus untuk berolahraga. Namun, jika tidak terbiasa menggunakan tampon, pembalut dapat dijadikan pilihan. Hanya, persiapan pakaian dan pembalut ekstra perlu diperhatikan.

Jika kamu masih merasa cemas walau sudah menggunakan tampon, cobalah kamu berenang di tempat yang luas, seperti laut atau danau bukan kolam renang. Dengan berenang di tempat luas, kemungkinan kebocoran disadari akan lebih kecil. 

Share    

IDWS Promo