IDWS.ID

Health

5 Buah Ini Dapat Menyehatkan Rambut dan Kuku

10 Sep 2015

Dalam hal memiliki rambut dan kuku yang sehat, beberapa orang diberkahi dengan genetik yang baik. Namun, jika Anda punya rambut kering atau kuku rapuh, jangan kecil hati dulu karena Anda bisa memperbaikinya dengan mengonsumsi makanan-makanan ini.

Ada vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kuku dan rambut, seperti magnesium dan vitamin C. Mengonsumsi kapsul vitamin memang bagus, tapi alangkah baiknya jika langsung mengkonsumsi dari sumbernya.

Nah, berikut ini makanan-makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut dan kuku Anda :

1. Kacang almond



Kacang almond yang renyah cocok untuk cemilan. Almond memiliki kadar protein yang tinggi, serta mengandung magnesium dan lemak baik. Protein bukan hanya berguna untuk produksi keratin (zat penyusun rambut dan kuku), namun juga perbaikan sel yang menjaga rambut tetap kuat dan cepat tumbuh. Magnesium berfungsi meredakan stres (yang bisa menjadi pemicu rambut rontok), sedangkan lemak baik bisa menjaga kesehatan kulit kepala.

2. Pisang
 


Biotin atau vitamin H bisa ditemukan pada pisang. Zat ini mencegah kuku dan rambut dari resiko rapuh dan patah. Hal ini dikarenakan biotin yang merupakan zat yang diperlukan dalam pembentukan protein.

3. Bir

Ini mungkin tidak diduga-duga muncul di dalam daftar, tapi kadar silikon pada bir bisa meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala dan membantu rambut tumbuh. Namun, konsumsi bir berlebihan lebih banyak menimbulkan efek buruk dibanding efek baik.
 

4. Blueberry
 

Buah yang sesungguhnya lebih berwarna ungu dibanding biru ini kaya akan antioksidan dan vitamin C. Antioksidan mampu memberantas radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh, termasuk sel pada rambut dan kuku. Sedangkan vitamin C membantu pembentukan kolagen yang merupakan komponen rambut dan kuku.


5. Melon

Selain mengandung vitamin C yang membantu pertumbuhan rambut, Cantaloupe kaya vitamin A yang menyehatkan rambut dan mengatasi rambut kering.

6. Minyak kelapa



 

Ada zat dalam minyak kelapa yang disebut lauric acid. Zat ini bermanfaat mencegah kerontokan rambut.

 

Share    

IDWS Promo