IDWS.ID

Bola Nasional

Banyak Pemainnya Kena COVID-19, Laga Persib vs. PSM Hari Ini Ditunda

02 Feb 2022

Kasus infeksi COVID-19 menghantui beberapa klub anggota Liga 1 Indonesia hingga memaksa pertandingan dibatalkan.

IDWS, Rabu, 2 Februari 2022 - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2021/22 memastikan bahwa laga PSM Makassar vs. Persib Bandung dan PSIS Semarang.

Pertandingan PSM vs Persib dijadwalkan berlangsung Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Rabu (2/2/2022) pukul 18.15 WIB. Sementara itu, laga PSIS vs Persebaya akan dihelat beberapa menit seusai duel PSM vs Persib, tepatnya di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pada pukul 20.45 WIB.

Namun status kedua pertandingan itu sempat diragukan karena kasus COVID-19 di klub-klub yang terlibat. Dan setelah menggelar rapat darurat pada Rabu (2/2/2022) siang WIB, PT LIB secara resmi menunda laga PSM vs. Persib karena ditemukan kasus COVID-19 di kubu Maung Bandung sehingga hanya tersisa 13 pemain saja yang bisa bermain.

Berdasarkan penjelasan pihak LIB, alasan itu cukup menjadi dasar untuk menunda pertandingan karena tidak memenuhi jumlah minimum pemain yang siap bertanding — yakni 14 pemain.

 

Para pemain Persib Bandung merayakan gol yang dibukukan Kakang Rudianto ke gawang Persikabo 1973, saat kedua tim bertemu pada pekan ke-21 Liga 1 2021-2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (29/1/2022). (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)

"Hari ini ada empat laga yang rencananya digelar. Nah, berdasarkan hasil evaluasi kita, PCR test dan lain sebagainya, ada satu laga yang harus kami tunda, yakni laga antara PSM Makassar dan Persib. [Pertandingan] Itu harus kami tunda karena kami baru saja emergency meeting bersama LIB dan empat klub yang akan bertanding," jelas Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, dalam konferensi virtual seperti dikutip dari Kompas.com. . 

"Karena hasil dari PCR yang dilakukan H-1 pada kemarin, yang digunakan utuk hari ini, itu hasil yag diperoleh tidak memnuhi syarat untuk bermain karena kurang dari 14 pemain," ujar Sudjarno. "Kami sudah melakukan test lagi pagi ini untuk memverifikasi, dan hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tersisa 13 pemain dari persib," lanjut Sudjarno.

Sementara, untuk laga PSIS vs Persebaya, PT LIB memutuskan untuk tetap menggelar pertandingan sesuai jadwal. Begitu juga dengan dua laga lain,yakni PS Sleman vs PErsik KEdiri dan Persita Tangerang vs Borneo FC.

"Tiga laga lainnya kami gelar seusai jadwal. Jadi, dari empat laga yang rencananya kami gelar hari ini, satu kami tunda," kata Sudjarno.

Adapun Persib Bandung saat ini tengah bersaing di papan atas klaseme Liga 1 2021-2022. Mereka menempati peringkat ketiga berkat torehan 43 poin dari 21 laga. Sementara itu, PSM Makassar masih tertahan di peringkat kesembilan dengan raihan 27 poin dari 21 pertandingan. Persib Bandung bersaing ketat dengan sejumlah tim lain di papan atas klasemen Liga 1, termasuk Persebaya Surabaya. Bajul Ijo, julukan Persebaya Surabaya, kini menempati peringkat keempat dengan torehan 42 poin dari 21 laga atau hanya terpaut satu angka dari Persib.

Persebaya akan menggusur Persib jika berhasil memetik kemenangan atas PSIS Semarang.  Secara peringkat, Persebaya memiliki keunggulan atas PSIS Semarang yang kini berada di urutan ketujuh klasemen. Hal itu membuat Persebaya Surabaya memiliki peluang besar untuk memetik kemenangan dan menggusur Persib dari peringkat ketiga.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo