IDWS.ID

Bola Internasional

Argentina Juara Piala Dunia 2022 Usai Mengalahkan Prancis Lewat Drama Adu Pinalti

19 Dec 2022

Setelah penantian begitu lama, Argentina akhirnya kembali menjadi juara dunia sepakbola setelah mengalahkan juara bertahan Prancis lewat drama adu pinalti pada Senin (19/12/2022) WIB dini hari di Stadion Lusail, Qatar.

IDWS, Senin, 19 Desember 2022 - Setelah terakhir kali menjuarai Piala Dunia pada 1986 berkat penampilan ajaib dari sang legenda Diego Armando Maradona, Argentina akhirnya bisa kembali mengangkat trofi Piala Dunia dipimpin oleh Lionel Messi yang disebut-sebut sebagai titisan Maradona.

Kemenangan ini sekaligus melengkapi gelar Messi di level timnas, serta mengakhiri rivalitas antara La Pulga dengan legenda Portugal, Cristiano Ronaldo — yang tak pernah bisa menjuarai Piala Dunia.

Argentina memulai laga dengan formasi 4-3-1-2 di mana Angel Di Maria menempati posisi gelandang serang tengah mendukung duet penyerang Lionel Messi dan Julian Alvarez.

Sementara itu Prancis tetap pakem menggunakan formasi 4-2-3-1 di mana penyerang tunggal Olivier Giroud disokong oleh trio Kylian Mbappe-Antoine Griezmann-Ousmane Dembele.

Menariknya, Prancis yang biasanya unggul dalam penguasaan bola, justru kelimpungan dan selalu diserang oleh Argentina. Bahkan, Prancis sama sekali tidak bisa melesatkan satu tembakan pun hingga menit 80.

Sebaliknya Argentina bermain agresif dan terus melancarkan serangan demi serangan ke gawang Prancis yang dijaga Hugo Llroris. Prancis melakukan blunder pertama mereka dengan memberi pinalti kepada Argentina di menit ke-23, yang berhasil dieksekusi dengan sempurna oleh kapten Lionel Messi.

Keadaan makin suram bagi Prancis ketika Angel Di Maria mencetak gol kedua Argentina usai memanfaatkan umpan Alexis MacAllister di menit 36. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Prancis cetak dua gol dalam dua menit

Di awal babak kedua, Argentina masih tampil dominan atas Prancis, dan sama sekali tidak memberi kesempatan bagi Tim Ayam Jago untuk melepas tembakan ke gawang Argentina yang dijaga Emi Martinez.

Tembakan pertama Prancis justru datang dari titik putih di menit 80, ketika Prancis mendapat hadiah tendangan pinalti. Kylian Mbappe yang dipercay menjadi algojo, melaksanakan tugasnya dengan baik. Argentina 2-1 Prancis.

Memanfaatkan momentum, Prancis langsung menggebrak. Kingsley Koman yang berhasil merebut bola dari Messi di dekat garis tengah lapangan, mengumpankan bola ke tengah yang disambut oleh Marcus Thuram. Thuram kemudian meneruskan bola ke Kylian Mbappe — yang langsung melakukan tendangan voli dan sukses menjebol gawang Emi Martinez satu menit usai gol pertamanya. Skor pun imbang 2-2.

Berhasil menyakan kedudukan, semangat Prancis pun menggebu-nggebu dan mereka mulai balik menyerang. Namun Argentina tetap tajam dalam serangan balik dan beberapa kali sempat membahayakan gawang Prancis. Meski begitu kedua tim gagal menambah pundi-pundi gol masing-masing sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Argentina sempat bersorak setelah Lionel Messi mencetak gol ketiga bagi negaranya di menit 108 dengan memanfaatkan kekacauan di kotak pinalti Prancis. Meski bola hasil sepakan Messi sempat dihalau oleh pemain Prancis, namun wasit menganggapnya sebagai gol karena telah melewati garis gawang. Skor 3-2 bagi keunggulan Argentina.

 

Hattrick Mbappe dan drama adu pinalti

Di saat mayoritas orang sudah merasa Argentina akan keluar sebagai pemenang, Kylian Mbappe sekali lagi muncul sebagai penyelamat Prancis. Tendangannya dari luar kotak pinalti terkena tangan pemain Argentina, membuat wasit menghadiahi Prancis dengan tendangan pinalti. Dan Mbappe kembali menjebol gawang Emi Martinez untuk ketiga kalinya di final Piala Dunia 2022 ini. Skor pun imbang 3-3 berkat hattrick Mbappe.

Kedua tim terus berusaha untuk mencetak gol, skor 3-3 tetap bertahan hingga babak tambahan usai sehingga laga final ini pun harus ditentukan lewat adu pinalti.

Baik Lionel Messi maupun Kylian Mbappe menunjukkan kekuatan mental mereka dengan menjadi algojo pertama bagi masing-masing negara dan sukses menjalankan tugasnya. Namun Kingsley Koman dan Aurelien Tchouameni dari Prancis gagal menakhlukan kiper Emi Martinez, sedangkan dua algojo Argentina yakni Paulo Dybala dan Leandro Paredes tak menemukan kesulitan menjebol gawang Hugo Lloris.

Eksekutor pinalti keempat Prancis, R. Kolo Muani sempat memberi nafas sesaat bagi negaranya dengan menjebol gawang Argentina. Namun pada akhirnya, Gonzalo Montiel sebagai eksekutor terakhir Argentina sukses menakhlukan Hugo Lloris, memastikan Argentina menjadi juara dunia setelah unggul adu pinalti dengan skor 4-2 atas Prancis.

Meski kalah, Mbappe sedikit memberi hiburan bagi negaranya dengan menjadi top skor turnamen lewat delapan gol yang ia cetak di Qatar. Sedangkan Lionel Messi berada di urutan kedua daftar top skor Piala Dunia kali ini dengan mengemas tujuh gol. Penyerang muda Argentina, Julian Alvarez, berada di urutan ketiga dengan empat gol. Meski jumlah gol yang ia cetak sama dengan striker Prancis Olivier Giroud, Alvarez unggul karena hanya butuh waktu bermain yang lebih sedikit dibandingkan Giroud.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo