IDWS.ID

Bola Internasional

Lionel Messi Selangkah Lagi Menuju Impiannya Mengangkat Trofi Piala Dunia

14 Dec 2022

Satu dari dua GOAT (greatest of all time) di dunia sepakbola yang masih tersisa di Piala Dunia 2022 Qatar semakin dekat dengan mimpinya untuk mengangkat trofi Piala Dunia.

IDWS, Rabu, 14 Desember 2022 - Argentina membabat Kroasia dengan skor telak 3-0 dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 yang digelar pada Rabu (14/12/2022) dini hari WIB tadi, di mana kapten Lionel Messi sekali lagi, menunjukkan kelasnya sebagai GOAT dan kembali menyabet gelar pemain terbaik pertandingan alias man of the match berkat satu gol dan satu assist.

Dengan kemenangan tersebut, Lionel Messi memperoleh kesempatan untuk membalas kekalahannya di final Piala Dunia 2014 dan mengisi satu-satunya gelar juara bergengsi sepakbola yang belum pernah ia raih.

Kroasia yang bermain menggunakan formasi ofensif 4-3-3, tak bisa berbuat banyak di babak pertama melawan formasi klasik 4-4-2 Argentina yang seharusnya sudah ketinggalan zaman. Meski Kroasia secara keseluruhan mendominasi penguasaan bola (39 : 61) namun Argentina lewat serangan-serangan balik cepat nan tajam merobek-robek pertahanan Kroasia.

Gol pertama terjadi dari titik putih. Penyerang Argentina Julian Alvarez dilanggar di kotak terlarang oleh kiper Dominik Livakovic, membuat wasit menjatuhkan hukuman pinalti kepada negeri Balkan tersebut. Lionel Messi yang menjadi algojo, sukses menakhlukan Livakovic yang bermain bagus di perdelapan final melawan Brazil sebelumnya, dan membawa Argentina unggul 1-0 di menit ke-34.

Julian Alvarez kemudian menggandakan keunggulan Argentina lima menit kemudian lewat gol yang dipenuhi keberuntungan. Dalam sebuah serangan balik, Alvarez menggiring bola dari tengah lapangan dengan kecepatan tinggi ke jantung pertahanan Kroasia. Ia memiliki kesempatan untuk mengumpan, namun Alvarez memilih terus menerjang maju melewati dua bek Kroasia. Ajaibnya, bola yang ia bawa terpantul dua kali oleh dua bek Kroasia ke arah Alvarez berlari — seolah kedua bek itu adalah rekan setimnya yang memberi umpan satu sentuhan. Alvarez kemudian melakukan sontekan voli yang tak bisa dibendung Livakovic.

 

Lionel Messi merayakan gol bersama Julian Alvarez dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Kroasia Rabu dini hari tadi. (Foto: The Jakarta Post/Reuters/Carl Recine)

Vonis kekalahan Kroasia terjadi di menit 69. Kali ini giliran sang maestro Lionel Messi yang menunjukkan mengapa ia dijuluki GOAT. Menggiring bola sendirian menyisir sisi kiri pertahanan Kroasia sembari dibayangi oleh dua pemain lawan, Messi sanggup mempertahankan bola dan menusuk ke dalam dari berhadapan melawan kiper Livakovic sebelum kemudian memberi umpan manis yang dilesakkan dengan mudah oleh Alvarez ke gawang Kroasia.

Skor 3-0 untuk keunggulan Argentina bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Argentina melangkah ke final Piala Dunia 2022 dan akan menunggu pemenang dari laga Maroko vs. Prancis. Selain itu, jumlah gol Lionel Messi di Qatar kini menyamai Kylian Mbappe, yakni 5 gol. Sedangkan Julian Alvarez menyamai jumlah gol penyerang Prancis lainnya, Oliver Giroud, yang mengoleksi 4 gol,

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo