IDWS.ID

Bola Internasional

Indonesia, Qatar, Australia, dan Korsel Bersaing Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 Gantikan China

19 Jul 2022

Indonesia bersaing dengan Qatar, Korea Selatan (Korsel), dan Australia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Negara mana yang punya kans paling tinggi untuk terpilih?

IDWS, Selasa, 19 Juli 2022 - Korsel sendiri turut mendaftar dalam bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 dan menjadi pesaing bagi Indonesia, Australia, dan Qatar.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menerima pengajuan diri keempat negara tersebut untuk menggantikan China yang memutuskan mundur karena kebijakan Zero-Covid di negara mereka.

Media Korsel Joong Ang Daily mencoba mengupas satu per satu peluang calon tuan rumah Piala Asia tahun depan. Qatar dinilai punya infrastruktur yang tak diragukan lagi karena berstatus tuan rumah Piala Dunia 2022. Namun terkendala oleh faktor jadwal yang harus dirombak masif untuk menyesuaikan musim dan suhu di sana, yang kemungkinan adalah saat musim dingin seperti di Piala Dunia 2022 nanti. AFC diperkirakan akan menolak perubahan jadwal tersebut karena memaksa Piala Asia 2023 bergulir di saat liga-liga olahraga profesional, khususnya Eropa, tengah berjalan.

 

Empat negara sejauh ini berminat menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menggantikan China, salah satunya Indonesia. (AFC)

Australia dinilai terbentur oleh pagelaran Piala Dunia Wanita. Australia bersama dengan Selandia Baru telah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita tahun depan. Sedangkan menurut jadwal, Piala Asia 2023 digelar empat hari usai Piala Dunia Wanita 2023 digelar, yang tentunya tidak ideal. Solusi termudah adalah mengubah jadwal Piala Asia, namun tentunya hal itu juga tidak diharapkan penyelenggara.

Indonesia dinilai telah layak dari segi infrastruktur karena pernah mengelar Asian Games Jakarta-Palembang 2018, namun menghadapi masalah yang mirip dengan Australia. Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi ajang Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan, sangat mepet dengan jadwal Piala Asia 2023.

Maka dari itu Korsel menjadi negara yang dinilai paling ideal menjadi tuan rumah bagi Piala Asia 2023 karena tidak ada benturan jadwal dengan event-event olahraga atau event lainnya. Dari segi infrastruktur dan akomodasi juga tidak perlu ditanya lagi.

Keputusan siapa yang akan jadi tuan rumah Piala Asia 2023 sendiri baru akan diumumkan Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober mendatang, di mana Korsel, Australia, Indonesia, dan Qatar punya tenggat waktu hingga 31 Agustus untuk mengajukan dokumen-dokumen formal pengajuan bidding.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Korea JoongAng Daily

Share    

IDWS Promo