IDWS.ID

Bola Internasional

UEFA dan CONMEBOL Diskusikan Kemungkinan Gelar 'Piala Maradona' yang Mempertemukan Argentina Melawan Italia

15 Jul 2021

CONMEBOL (Organisasi Induk Sepakbola Amerika Selatan) dilaporkan telah mengajukan proposal bagi UEFA (Organisasi induk sepakbola Eropa) untuk menggelar kompetisi baru yang mempertemukan juara Piala Eropa melawan juara Copa America.

IDWS, Kamis, 15 Juli 2021 - Di level klub sendiri, sudah ada Piala Super Eropa yang mempertemukan juara Liga Champions melawan juara Liga Eropa. Namun di level klub, belum ada kompetisi seperti itu.

Kini dunia sepakbola tengah ramai menggaungkan "Piala Super" versi negara untuk mempertemukan Argentina sebagai juara Copa America 2021 melawan Italia, juara Piala Eropa 2020. Argentina mengalahkan Brazil 1-0 di Maracana, mengakhiri penantian panjang Lionel Messi akan gelar juara di level negara. Sedangkan Italia mengalahkan tuan rumah Inggris di Wembley lewat drama adu pinalti.

Sebenarnya sudah ada kompetisi yang mempertemukan negara juara dari masing-masing benua, yakni Piala Konfederasi yang digelar oleh FIFA serta diikuti oleh juara dari UEFA, AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, OFC, sekaligus juara dari edisi terakhir Piala Dunia dan negara tuan rumah. Namun mengingat bahwa Piala Konfederasi tidak akan digelar pada 2022 nanti, maka direkomendasikanlah pertarungan antara Italia melawan Argentina.

 

Piala Maradona

Jika terwujud, kompetisi yang mempertemukan Italia melawan Argentina itu bisa dinamai sebagai Piala Maradona, mengenang legenda sepakbola Argentina Diego Armando Maradona yang meninggal dunia pada 25 November 2020. Meski berasal dari Argentina, Maradona juga pernah berkiprah di Italia bahkan meraih Scudetto bersama Napoli, sehingga dirasa pas apabila pertandingan antara Argentina melawan Italia itu dinamai Piala Maradona.

 

Pemain timnas Italia Jorginho mengangkat trofi Piala Eropa (kiri), Lionel Messi mencium trofi Copa America (kanan). (Marca)

Dari laporan Marca melansir New York Times, jika jadi digelar, laga Piala Maradona akan dilangsungkan di Stadio Diego Armando Maradona di Naples, Italia.

Untuk saat ini UEFA masih dalam tahap berdiskusi dengan CONMEBOL jadi belum tentu pertandingan itu akan terjadi mengingat padatnya jadwal negara dan klub yang memiliki kontrak para pemain. Jadi para penggemar sepakbola, berdoa saja agar laga itu terwujud ya!

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo