IDWS.ID

Bola Internasional

Legenda Sepakbola Diego Maradona Meninggal Dunia di Usia 60 Tahun,

26 Nov 2020

Legenda sepakbola asal Argentina, Diego Maradona, dikabarkan meninggal dunia.

IDWS, Kamis, 26 November 2020 - Melansir pemberitaan dari goal.com pada Rabu (25/11/2020) malam, Diego Maradona meninggal karena gagal jantung pada usia 60 tahun. Ia sempat dirawat di rumah sakit pada awal November setelah serangkaian tes di klinik La Plata mengungkapkan adanya penggumpalan darah ke otak sehingga ia harus dioperasi.

Operasi itu sendiri berlangsung lancar, dan ia pun diperbolehkan pulang pada 11 November 2020. Maradona kemudian dirawat di kediamannya di dekat Tigre, arah utara dari Buenos Aires — ibukota Argentina. Akan tetapi pada Rabu (25/11/2020) pagi waktu setempat, ia terkena gagal jantung dan paramedik yang berusaha menolongnya gagal menyelamatkan nyawa sang legenda.

 

Diego Maradona semasa masih membela timnas Argentina sebagai pemain.

Menurut laporan Dailymail, Berita akan kepergian Maradona pertama kali diungkap oleh outlet berita Argentina, Clarin. Berita itu kemudian dikonfirmasi kebenarannya oleh pengacara Maradona, Matias Morlahas.

Dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terhebat dalam sejarah, pria bernama lengkap Diego Armando Maradona Franco itu membawa timnas Argentina meraih trofi Piala Dunia 1986 yang merupakan puncak dari karirnya. Namun kini ia telah tutup usia.

 

Gol "Tangan Tuhan" Diego Maradona yang menyingkirkan Inggris dari Piala Dunia 1986.

Diego Maradona memulai karir profesionalnya sebagai pemain sepakbola di Argentinos Junior di usia 16 tahun sebelum kemudian berlabuh ke Boca Juniors, Barcelona, Napoli, Sevilla, dan Newell's Old Boys. Ia juga sempat berkarir sebagai pelatih untuk timnas sepakbola Argentina, Racing Club, Dorados, dan terakhir adalah Gimnasia.

Sejak gantung sepatu, Diego Maradona dikenal memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan berkali-kali harus masuk rumah sakit karena masalah kesehatan. Ia setidaknya bermasalah akan kecanduan alkohol, kecanduan kokain, mengidap hepatitis, gagal jantung, serta menjalani rehabilitasi selama bertahun-tahun untuk mengatasi masalah kecanduannya.

 

Diego Maradona terkenal akan gaya hidupnya yang buruk terutama kecanduan kokain dan alkohol.

Ia juga sempat terekam tak sadarkan diri di boks eksekutif ketika menonton laga Argentina kontra Nigeria di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Meski begitu, para penggemar sepakbola tetap mengakui kehebatannya sebagai pemain, dan pastinya gol "Tangan Tuhan" yang ia cetak ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986.

 

(Stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo