IDWS.ID

Pendidikan

Mahasiswi di Kupang Tipu Orangtua dan Keluarga, Ngaku Lulus Kuliah dan Pura-pura Ikut Acara Wisuda

05 Dec 2022

Seorang mahasiswi semester 13 di Institut Agama Kristen (IAKN) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) tega menipu orangtuanya dengan berpura-pura telah wisuda.

IDWS, Senin, 5 Desember 2022 - Mahasiswi berinisial YT (30) diketahui membawa orangtua serta sanak keluarganya untuk mengikutip acara wisuda universitasnya yang digelar di Hotel Cahaya Bapa, Kota Kupang, pada Selasa (29/11/2022) pekan lalu. Mereka datang beramai-ramai naik satu unit mobil pikap.

Yang jadi masalah adalah, mahasiswi semester 13 yang mengikuti Program Sutdi Pendidikan Agama Kristen itu belum menyelesaikan kuliahnya.

Terkuaknya dusta YT terhadap orangtua dan keluarganya itu berawal dari warga yang memergoji YT di dekat area wisuda mengenakan atribut wisuda lengkap.

"Kejadiannya saat wisuda di Hotel Cahaya Bapa, Selasa (29/11/2022) lalu,"ungkap Ketua Panitia Wisuda, Martin Liufeto kepada Kompas.com, Minggu (4/12/2022).

Martin menjelaskan, YT yang datang bersama keluarganya naik moibl pikap, tidak langsung turun di lokasi wisuda, melainkan di depan sebuah apotek yang berjarak kurang lebih 100 meter dari tempat wisuda. Kepada keluarganya, YT berkilah dosen menyuruhnya menunggu di depan apotek tersebut — yang mana alasan itu diterima oleh orangtua dan keluarganya.

Kemudian warga yang melihat YT mengenakan atribut wisuda, mengira bahwa YT terlambat menghadiri acara wisuda. Warga pun lantas menghubungi panitia wisuda memberitahukan ada mahasiswa yang terlambat datang.

"Setelah dapat informasi itu, karena saya sibuk, saya meminta bantuan Kepala Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Ibu Johana Manubei, untuk menemui YT dan keluarganya," jelas Martin.

 

(Facebook Institut Agama Kristen Negeri Kupang)

Johana yang juga adalah dosen YT, tentunya paham bahwa mahasiswinya itu belum memenuhi syarat untuk diwisuda. Ia lalu menjelaskan kepada orangtua YT bahwa putri mereka belum bisa diwisuda karena belum membuat proposal, skripsi, dan yudisium. Nama YT sendiri tidak terdaftar dalam surat keputusan wisudawan IAKN pada tahun 2022.

Dari penjelasan Johana itulah, terungkap bahwa YT berusaha menipu orangtua dan keluarganya dengan mengaku sudah lulus kuliah dan akan diwisuda.

Ironisnya, keluarga besar YT begitu antusias hingga ramai-ramai datang bersama ke acara wisuda naik mobil pikap. Bahkan di rumah, sudah disiapkan syukuran untuk merayakan kelulusan YT.

Setelah mendengar penjelasan sang dosen, orangtua dan keluarga yang kecewa kemudian pulang ke rumah.

"YT ini terdaftar di data kami, masuk dari tahun 2016 lalu. Kalau dihitung sampai sekarang dia sudah semester 13," ungkap Martin yang merasa prihatin dengan kejadian tersebut.

Dia berharap, sebaiknya orangtua memantau perkembangan studi anak serta berkoordinasi dengan kampus.

"Rencananya, YT dan orangtuanya akan bertemu para dosen di kampus IAKN, Senin, 5 Desember 2022," ujar Martin.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo