IDWS.ID

Bisnis

Viral Ghozali Everyday yang Sukses Jual Foto-foto Selfie Sebagai NFT Dengan Total harga Miliaran Rupiah

13 Jan 2022

Pemuda asal Solo yang dikenal sebagai Ghozali Everyday menghebohkan media sosial serta dunia per-kriptoan Indonesia setelah koleksi foto-foto selfienya berupa Non Fungible Token (NFT) laris manis terjual hingga miliaran rupiah.

IDWS, Kamis, 13 Januari 2022 - Ghozali menjual foto dirinya di OpenSea. Item yang dijajakan merupakan koleksi foto selfienya yang diambil tiap hari sejak usia 18 hingga 22 tahun, dalam rentang tahun 2017 hingga 2021.

"Saya mengambil foto diri saya sendiri sejak berusia 18 tahun hingga 22 tahun (2017-2021). Foto-foto itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari," tulisnya di profil OpenSea dalam bahasa Inggris.

Ghozali menjual tiap fotonya dengan harga 0,001 ETH atau kisaran Rp 48 ribu. Total ada 933 foto yang ditawarkan. Tak dia duga banyak yang meminatinya.

"Hari ini terjual lebih dari 230 NFT dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa Anda ingin membeli NFT foto saya. Saya berterima kasih kepada kalian selama lima tahun usaha saya terbayar," ujar dia dalam Twitter @Ghozali_Ghozalu pada Selasa lalu (11/1/2022).

Dalam kicauan yang diposting Rabu (12/1/2022), Ghozali mengungkap dalam tiga hari fotonya hanya tersisa 331 NFT. Tak heran Ghozali Everyday berhasuk menembus 30 besar peringkat volume perdagangan 24 jam OpenSea dengan peningkatan 54764,77%.

Melansir laporan detikcom pada Kamis (13/1/2022) hari ini, koleksi NFT Ghozali Everyday termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta. Dengan total 933 koleksi, maka bisnis NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

Pembeli NFT Ghozali tidak hanya mereka para penggiat aset kripto saja. Bahkan public figure turut mengoleksi foto selfie Ghozali.

Salah satunya Chef Arnold Poernomo yang membeli hingga 20 NFT. Dia lantas menggunakan salah satu koleksinya untuk dijadikan foto profil akun media sosialnya.

"Gozali membuat proyeknya selama 3 tahun terakhir. Kerja keras dan dedikasi satu orang. Ruang (NFT) ini telah mengubah banyak kehidupan orang..jika itu dapat mengubah Anda...kita dapat mengubah hidupnya juga. GG Gozali Tuhan Memberkati," tulis pria yang dikenal sebagai juri Master Chef Indonesia ini.

Kesuksesan Ghozali Everyday menjual foto-foto selfienya sebagai NFT dengan harga selangit dianggap membawa angin segar bagi dunia kripto dan NFT di Indonesia, karena Ghozali disebut telah membuktikan potensi besar dari NFT.

"Total perdagangan di akunnya tembus 1,2 Miliar hanya dlm waktu kurang 12 jam! Fenomena Ghozali @ghozaliphoto hari ini sangat penting bagi dunia NFT Indonesia. Ghozali membuka mata netizen negeri ini tentang potensi NFT," tulis Adrian Zakhary, Kolektor NFT di akun Instagramnya @thezakhary.

Bagaimana menurut kalian, apakah foto-foto selfie Ghozali pantas dihargai sedemikian tinggi? Atau fenomena tersebut hanyalah bubble semata?

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Foto fitur: Instagram @thezakhary

Share    

IDWS Promo